Kiat untuk UMKM buat konten video lariskan dagangan di media sosial

Kiat untuk UMKM buat konten video lariskan dagangan di media sosial

Pedagang cermin memotret salah satu produk yang akan dipasarkannya di aplikasi jual beli di kawasan Pejompongan, Jakarta, Minggu (8/8/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Tren membuat dan berbagi video pendek menjadi bagian penting yang tidak bisa dihindari dalam kegiatan masyarakat beberapa waktu belakangan ini.

Dengan semakin meningkatnya teknologi dan kemajuan di media sosial hampir seluruh masyarakat berlomba- lomba membuat konten video tidak terkecuali para UMKM untuk mempromosikan dagangannya.

Baca juga: Tips buka usaha dengan modal pas-pasan di tengah pandemi

Agar konten video anda sebagai pelaku UMKM semakin kaya akan ide dan bisa melariskan dagangan anda di media sosial, berikut beberapa kiat yang bisa anda ikuti mengutip siaran pers OPPO, Minggu:

Ceritakan Proses Bisnis

Jika anda belum memulai untuk membuat konten mengenalkan usaha anda, baiknya di awal video anda bisa mengenalkan usaha dan jatuh- bangun proses bisnis anda.

Misalnya jika anda memiliki bisnis pakaian, maka anda bisa menceritakan awal mula anda tertarik di bisnis tren fesyen, cara anda mendesain pakaian, hingga cara menghasilkan produk pakaian yang anda pasarkan.

Dengan cerita yang sederhana, penonton akan tertarik untuk mengenal lebih jauh atau bahkan tertarik untuk membeli produk UMKM milikmu.

Ceritakan keseruan di balik pembuatan katalog

Selain konten video, konten foto juga penting untuk mempromosikan produk. Pada saat proses membuat konten foto itu, anda bisa memanfaatkannya sebagai lahan menambang konten- konten video anda.

Anda bisa merekam momen- momen lucu hingga keseruan dibalik foto itu. Mulai dari mendekorasi, menyiapkan alat- alat pemotretan, hingga ke proses pengeditan foto untuk mencapai hasil akhir.

Potongan video itu saat dirangkai akan menjadi sebuah cerita unik dan menarik yang bisa disajikan untuk penonton dan calon pembeli anda.

Video proses packing

Selain proses pembuatan, proses pengiriman juga menjadi salah satu hal yang bisa menjadi konten video pendek anda. Anda bisa memperlihatkan cara anda mengemas produk sebelum dikirimkan ke pembeli atau pun pelanggan setia.

Anda juga bisa menyelipkan pesan singkat berupa motivasi untuk pembeli sehingga bisa memberikan kebahagiaan kepada pelanggan yang menerima paket tersebut.

Selain ketiga kiat tersebut, jangan lupa tambahkan teks atau pun tagar sesuai dengan pesan yang ingin anda sampaikan di media sosial anda.

Selayaknya membuat video pendek pada umumnya, agar semakin menarik tambahkan efek transisi, atau filter sehingga video anda semakin ciamik.

Baca juga: Tips untuk pebisnis jelang akhir tahun

Baca juga: OJK DKI bagi tips agar UMKM terhindar pinjaman daring ilegal

Baca juga: Kolaborasi lintas industri penting untuk kembangkan bisnis era digital


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar