Menko Airlangga pastikan vaksinasi di Jawa Tengah berjalan lancar

Menko Airlangga pastikan vaksinasi di Jawa Tengah berjalan lancar

Sentra Vaksinasi De’ Tjolomadoe, Jawa Tengah. ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian/aa.

Pemerintah selalu mengupayakan dan memastikan ketersediaan supply, keamanan, mutu, dan khasiat atau efficacy dari vaksin yang akan diberikan ke masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional memastikan vaksinasi di Sentra Vaksinasi De’ Tjolomadoe di Jawa Tengah berjalan lancar sesuai harapan pemerintah.

Menko Airlangga berharap pelaksanaan vaksinasi di De’ Tjolomadoe dapat menjadi contoh melakukan vaksinasi dengan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Pemerintah selalu mengupayakan dan memastikan ketersediaan supply, keamanan, mutu, dan khasiat atau efficacy dari vaksin yang akan diberikan ke masyarakat. Vaksinasi terus diakselerasi agar meningkat kecepatannya,” kata Airlangga dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu. Untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi dalam jangka panjang, lanjutnya, pemerintah beserta akademisi dan berbagai stakeholders terus mendorong pengembangan vaksin yang diproduksi di dalam negeri.
Baca juga: Menko Airlangga: 78,3 juta orang telah divaksinasi sampai 11 Agustus

“Pemerintah selalu berupaya keras untuk suksesnya vaksinasi COVID-19 di Indonesia, namun kunci dari keberhasilannya adalah harus didukung oleh semua pihak, semua komponen masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Airlangga menegaskan bahwa vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu langkah krusial yang harus terus dilakukan. Pemerintah menetapkan target sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208 juta penduduk dan terus bersinergi mengakselerasi vaksinasi agar target herd immunity di akhir tahun ini bisa tercapai.

Ketua Sentra Vaksinasi Liliek Setiawan menyampaikan bahwa seluruh pengadaan vaksinasi dalam Sentra Vaksinasi di De’ Tjolomadoe disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM, TNI dan Polri, yang pelaksanaannya didukung juga oleh sektor swasta yang diwakili Himpunan Peritel dan Penyewa Pedagang Mall Indonesia (HIPPINDO).
Baca juga: Airlangga minta ulama bantu sosialisasi pentingnya vaksinasi

Sentra Vaksinasi yang memiliki kapasitas 2.000 orang per hari tersebut telah dibuka sejak Juli lalu dan menerima peserta vaksinasi dari seluruh ekosistem pelaku usaha dan UMKM se-Solo Raya serta masyarakat umum. Realisasi vaksinasi tahap I per 15 Agustus 2021 di Provinsi Jawa Tengah telah mencapai hampir 21 persen dari target.

Sedangkan secara nasional, hingga 15 Agustus 2021 pukul 12.00 WIB, sebanyak 53,57 juta dosis vaksinasi tahap I telah disuntikkan dan vaksinasi tahap II sebanyak 28,03 juta dosis. Selain itu, vaksinasi tahap ke III untuk tenaga kesehatan juga sudah mulai dilakukan.
Baca juga: Airlangga yakini ekonomi triwulan II-2021 tumbuh 6,9 persen-7,8 persen
Baca juga: Tarif vaksin gotong royong ditetapkan Rp500 ribu per dosis


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar