Seoul (ANTARA News) - Kelompok 20 memulai pertemuan tingkat tinggi (KTT) kelima pada Kamis di Korea Selatan, negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin dari negara-negara maju dan berkembang besar.

Berikut adalah ringkasan dari G20, yang mengangkat pertemuan ke tingkat tertinggi pada 2008 untuk melawan krisis keuangan dunia, dan kemudian menggantikan G8 sebagai pendorong utama koordinasi ekonomi global, sebagaimana dikutip dari AFP.

- G20 ini terdiri dari anggota Kelompok Tujuh (G7) negara industri (Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat) dan 12 negara pasar berkembang (Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Turki), ditambah dengan Uni Eropa.

- Pimpinan G20 berputar antara anggota dan dipilih dari pengelompokan regional negara yang berbeda setiap tahunnya. Prancis akan menggantikan Korea Selatan pada kesimpulan dari KTT Seoul pada Jumat.

- Para anggota G20 mencapai sekitar 90 persen dari output (PDB) ekonomi global, 80 persen dari perdagangan dunia dan dua-pertiga dari penduduk dunia.

- G20 didirikan pada 1999 sebagai respon terhadap krisis keuangan

1990-an di Asia dan Rusia dan memberikan negara-negara pasar berkembang terkemuka suara lebih besar dalam perdebatan ekonomi global. Pertemuan ini awalnya terbatas pada tingkat menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

- Pada November 2008, kemudian presiden AS George W. Bush menyambut para pemimpin G20 untuk KTT perdana di Washington untuk memerangi kepanikan keuangan global yang dipicu oleh runtuhnya bank investasi Wall Street, Lehman Brothers.

- Pada KTT G20 kedua, pada April 2009 di London, para pemimpin menilai kemajuan mereka tentang rencana mereka untuk memulihkan pertumbuhan global dan menguatkan komitmen mereka untuk memperkuat sistem keuangan.

- KTT Pittsburgh pada September 2009, pertemuan besar internasional pertama diselenggarakan oleh Presiden AS Barack Obama, setuju untuk memperbaiki ketidakseimbangan ekonomi global dan memberikan kekuatan lebih kepada raksasa yang sedang tumbuh seperti China dan India dalam Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

- Di Pittsburgh, para pemimpin juga memformalkan keunggulan G20 lebih eksklusif di atas Kelompok Delapan (G8) negara-negara kaya.

- Pada KTT G20 Toronto pada Juni 2010, mulai membuka celah tentang seberapa cepat pemerintah harus keluar dari kebijakan stimulus krisis mereka, dengan Obama mendorong Eropa tidak untuk memangkas pengeluaran prematur. Pada akhirnya, ekonomi-ekonomi terkemuka kecuali Jepang setuju untuk mengurangi separuhnya defisit nasional pada 2013.

- Polisi Kanada menangkap lebih dari 600 pengunjuk rasa di KTT Toronto, menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan massa demonstrasi anti G20 yang berubah menjadi kekerasan.

- Korea Selatan tidak mau mengambil risiko, dengan menempatkan aparat 50.000 kekuatan keamanan.
(ANT/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010