Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat akan menyelenggarakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Letjen Suprapto, pada hari Minggu (15/11) lusa.

"HBKB akan dimulai Minggu pukul 06.00 hingga 12.00," kata Wakil Walikota Jakpus, H Fatahillah.

Dengan diselenggarakannya HBKB di Jalan Letjen Suprapto, kata Fatahillah, berarti pada hari dan jam tersebut di atas, kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dilarang melintas di jalan tersebut.

Yang boleh melintas di jalan tersebut, pada waktu pelaksanaan HBKB, jelas Fatahillah, hanya kendaraan umum, termasuk bus Transjakarta.

Untuk itu, kata Fatahillah, pada waktu tersebut di atas, warga diminta menghindari jalan tersebut. Karena di pintu masuknya, baik yang berada di arah barat atau dekat Pasar Senen akan dijaga petugas, begitu pun halnya dengan pintu masuk sebelah Timur dekat ITC Cempaka Mas.

Di pintu masuk itu, petugas tambah Fatahillah, juga memberikan petunjuk kepada pengendara kendaraan pribadi, tentang jalan alternative mana yang bisa dilewatinya.

Dijelaskan Fatahillah, HBKB dilaksanakan sebagai upaya Pemprov DKI Jakarta untuk meminimalisir atau mengurangi pencemaran udara. Karena udara di Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan akibat asap kendaraan bermotor.

"Dari beberapa kali HBKB di Letjen Suprapto, terbukti dapat menurunkan tingkat pencemaran udara. Diharapkan masyarakat ikut mendukung program pemerintah tersebut," kata Fatahillah, Jumat (13/11).

Di jalan yang tertutup itu, berbagai acara akan digelar, diantaranya sepeda sehat yang diikuti Walikota Jakpus, H. Saefullah dan para pejabat di lingkungan Pemko Jakpus, bazaar atau pameran, pemberian makanan gratis, hiburan dan lain-lain.

(ANT-136/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010