Bank Indonesia dan Bank Sentral Thailand luncurkan QR lintas batas

Bank Indonesia dan Bank Sentral Thailand luncurkan QR lintas batas

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam Peluncuran Praresmi QRIS Antarnegara di Jakarta, Selasa (17/08/2021). (ANTARA/Agatha Olivia)

peluncuran QR lintas batas tersebut bertujuan untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan dan ekonomi seluruh masyarakat Indonesia maupun Thailand.
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BOT) meluncurkan tautan pembayaran Quick Response (QR) lintas batas antara Indonesia dan Thailand untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan dan ekonomi kedua negara.

"Saya berterima kasih kepada Bank Sentral Thailand karena bersama-sama mewujudkan mimpi-mimpi yang kita terus lakukan untuk menyambungkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan QR Thailand Standard untuk kita bersama memajukan ekonomi," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Peluncuran Praresmi QRIS Antarnegara di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan peluncuran QR lintas batas tersebut bertujuan untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan dan ekonomi seluruh masyarakat Indonesia maupun Thailand.

Baca juga: BI targetkan 60 juta UMKM terhubung platform digital dalam tiga tahun

Dengan  QR lintas batas, konsumen dan pedagang di kedua negara akan dapat melakukan dan menerima pembayaran QR lintas batas instan untuk barang dan jasa.

Koneksi ini merupakan yang pertama menghubungkan operator sistem pembayaran ritel di kedua negara, sehingga menandai tonggak penting dalam inisiatif Konektivitas Pembayaran ASEAN, yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi keuangan di kawasan.

Menurut Perry, peluncuran praresmi QRIS antarnegara menjadi salah satu momen bersejarah perekonomian Indonesia.

"Ini sebagai bentuk kalau kita tidak bisa sendiri maka mari bersinergi dan perkuat terus persatuan dan kesatuan kita, saling membantu untuk kemajuan negeri ini," ucapnya.

Baca juga: BI: Utang luar negeri RI turun pada triwulan II 2021

Dalam fase praresmi ini, BI mengharapkan akan lebih banyak bank/non-bank yang berpartisipasi, sembari berproses ke fase komersial penuh QR lintas negara yang akan diluncurkan pada triwulan I-2022.

Pada masa mendatang, layanan tersebut akan diperluas untuk memungkinkan pengguna di kedua negara melakukan transfer dana secara real-time dengan mudah, hanya dengan merujuk nomor ponsel penerima.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora: Jelang SEA Games LADI berusaha tuntaskan sanksi WADA

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar