Dumai (ANTARA News) - Sebuah kapal kayu berbendera Indonesia KM Jasa Sei Lumpur GT 200 yang mengangkut barang-barang impor dari Malaysia, Sabtu sekitar pukul 11.00 WIB, terbakar saat berlabuh di Pelabuhan Dumai, Riau.

ANTARA yang datang lokasi kejadian melaporkan, selain memuat sembako, kapal yang diakui warga setempat merupakan milik warga Dumai tersebut juga berisikan mainan anak-anak, perkakas dapur dan rumah tangga serta barang elektronik.

Kejadian itu mengundang perhatian ratusan warga sekitar.

Seorang warga di tempat kejadian, Iwan (45), mengatakan bahwa kebakaran tersebut berlangsung cepat namun tidak ada korban jiwa.

Angin yang bertiup kencang dan bahan kapal yang terbuat dari kayu membuat kobaran api begitu cepat merayap sehingga pihak penyelamat dari pemadam kebakaran dan warga sekitar kewalahan memadamkannya.

"Kejadiannya sangat cepat dan tiba-tiba. Sumbernya dari mana kita belum mengetahuinya," ungkap dia.

Seorang anggota kepolisian setempat Ipda Firdaus mengaku bahwa sejauh ini asal muasal api belum dapat diketahui dan masih dalam penyelidikan.

"Nanti kita juga akan memanggil sejumlah saksi mata yang terdiri atas buruh angkut, anak buah kapal, dan nakhoda," paparnya.

Berdasarkan data kepolisian setempat, peristiwa sama juga sempat terjadi pertengahan Juli 2010 yang menimpa kapal kayu berbendera Indonesia KM Kincir Mas.

(KR-FZR/R007/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010