Denpasar (ANTARA News) - Kawanan perampok bermobil diperkirakan berjumlah lima orang merampok SPBU 5480316 Unud, Jimbaran, Bali dan berhasil membawa brankas berisi uang senilai Rp65 juta, Sabtu dinihari.

"Dua petugas SPBU dilumpuhkan, demikian juga ada dua orang sopir yang tengah bermalam juga ikut disekap perampok," kata pengelola SPBU Wayan Antara kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu.

Dari keterangan saksi dan petugas SPBU, para perampok yang dilengkapi dengan senjata tajam dan senjata api, masuk menyerbu SPBU di Jalan Uluwatu, Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, sekitar pukul 03.00 Wita.

Selain bersenjata, komplotan perampok juga berusaha menyembunyikan identitas dengan memakai penutup wajah atau bercadar.

Karena membawa senjata tajam seperti golok dan senjata api sehingga mereka dengan mudah melumpuhkan dua petugas SPBU dan dua sopir yang tidak berani melawan.

Dikatakan Wayan Antara, saat perampok datang, dua petugas SPBU tengah tertidur sehingga tidak mampu berbuat banyak tatkala disekap para pelaku.

Para pelaku yang mengendari dua buah mobil jenis Kijang itu langsung memarkir kendaraanya di dapan kantor SPBU dan segera melumpuhkan petugas.

Dua orang petugas yakni I Wayan Sudarsana dan I Made Suandi langsung disekap para parampok, kedua tangan dan kakinya diikat serta mulutnya disumpal dengan lakban.

Salah seorang sopir bernama Tibi, yang berusaha melawan langsung disabet pada bagian tangan kirinya sehingga terluka akibat sabetan golok pelaku.

Setelah semua dilumpuhkan, para palaku dengan cepat memgambil apa saja yang berharga terlebih brankas tempat penyimpanan uang.

Para perampok masuk ke pintu kantor yang tidak terkunci lalu menjebol tempat penyimpaan brankas dengan linggis. Pelaku juga sempat memecahkan kaca kantor sebelum akhirnya kabur di tengah kegelapan malam.

Kapolsek Kuta Selatan AKP Nanang Prihasmoko secara terpisah membenarkan kasus perampokan SPBU dan pihaknya masih melakukan penyelidikan.

"Perampok selain membawa kabur brankas juga merampas telpon gengam petugas SPBU dan dompet dan di laci sekitar Rp 2 juta. Total uang yang dibawa kabur perampok sekira Rp 65 juta,` sebut Kapolsek

Dari keterangan saksi dan penyelidikan yang dilakukan, pelaku diperkirakan berjumlah lima orang. "Kami masih melakukan pengejaran, anggota sudah saya sebar di lapangan," ucap Kapolsek.

(ANT-166/I006/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010