Berlin (ANTARA) - Pesawat Lufthansa pertama yang membawa 130 orang dari Afghanistan mendarat di Frankfurt, Jerman, pada Rabu pagi, kata pihak maskapai.

Pesawat Airbus A340 itu mengangkut penumpang yang dibawa oleh pesawat Bundeswehr dari ibu kota Afghanistan, Kabul, menuju Tashkent, Uzbekistan.

Sebagai bagian dari upaya pemulangan via udara dalam koordinasi dengan pemerintah Jerman, penerbangan khusus selanjutnya dari Tashkent, Doha atau negara tetangga lainnya dalam beberapa hari ke depan akan mengevakuasi lebih banyak orang dari Afghanistan.

Jerman, yang memiliki kontingen militer terbesar kedua di Afghanistan setelah AS, ingin memboyong ribuan warga berkewarganegaraan ganda Jerman-Afghanistan, pegiat HAM, pengacara dan orang-orang yang bekerja dengan pasukan asing.

Usai kemunculan foto-foto dramatis tentang orang-orang di bandara Kabul yang berupaya menyelamatkan diri setelah Kabul jatuh ke tangan Taliban, pasukan AS mengamankan bandara dan mulai melakukan evakuasi via udara untuk menerbangkan para diplomat dan warga sipil.

Sumber: Reuters

Baca juga: Jepang upayakan keselamatan warganya di Afghanistan
Baca juga: Australia evakuasi 26 orang dari Afghanistan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021