Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur akan menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil pada Kamis (19/8) di Airlangga Convention Centre, Kampus C Universitas Airlangga Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan bahwa sekitar seribu dosis vaksin COVID-19 disiapkan untuk pelayanan vaksinasi khusus bagi ibu hamil yang akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB di Airlangga Convention Centre.

"Kami utamakan untuk ibu hamil yang risiko tinggi yakni usia 35 sampai 40 tahun," katanya di Surabaya, Rabu.

Ia menjelaskan, suntikan vaksin COVID-19 hanya akan diberikan kepada perempuan dengan usia kehamilan 13 sampai 33 minggu yang sehat, tidak punya penyakit penyerta, dan sebelumnya tidak pernah terinfeksi virus corona.

"Jadi mulai setelah tiga bulan hingga sebelum tujuh bulan (trimester 2)," katanya.

"Untuk syaratnya membawa fotokopi KTP dan buku Kesehatan Ibu Anak," ia menambahkan.

Menurut dia, sasaran pelayanan vaksinasi khusus bagi ibu hamil di Airlangga Convention Centre sebanyak seribu orang yang meliputi 600 ibu hamil yang didata oleh puskesmas di 31 kecamatan dan 400 ibu hamil yang didata oleh Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI) dan rumah sakit.

"Untuk mekanismenya kami lakukan secara undangan melalui puskesmas di masing-masing wilayah," katanya.

Ia menjelaskan bahwa ibu hamil termasuk kelompok rentan yang membutuhkan vaksinasi untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan COVID-19.

"Vaksinasi ini penting dilakukan untuk menurunkan angka kematian ibu, karena dari pemerintah pusat sudah ada rekomendasi untuk ibu hamil, jadi tidak perlu khawatir untuk ikut vaksin," katanya.

Dia berpesan kepada para ibu hamil agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi.

"Vaksin ini bukan berarti tidak bisa tertular, tetapi kalau sudah divaksin tubuh kita sudah memiliki kekebalan di dalam tubuh," katanya.

Baca juga:
Satgas: Vaksin COVID-19 dapat diberikan ke ibu hamil dan menyusui
Vaksin COVID-19 berikan perlindungan pada ibu hamil dan bayi

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021