Meski pandemi, promosi mengenai Indonesia juga tidak terhenti. Tahun in KBRI juga sempat melakukan promosi Wonderful Indonesia di trem Kota Brussel
Jakarta (ANTARA) - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Belgia dan Luksemburg dilakukan secara terbatas meskipun kondisi di kedua negara terus membaik dan jumlah orang yang menerima vaksin kian meningkat.

“Untuk kedua kalinya perayaan HUT RI dirayakan pada masa pandemi. Meski kondisi pandemi di Belgia dan Luksemburg terus membaik dan jumlah orang yang telah divaksin terus meningkat di Belgia dan Luksemburg, namun protokol kesehatan masih berlaku. Karenanya, peringatan HUT RI tahun ini di Belgia juga masih dilaksanakan secara terbatas,” kata Duta Besar RI untuk Belgia dan Luksemburg Andri Hadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Meski terbatas, upacara bendera yang bertempat di lapangan KBRI Brussel berlangsung khidmat.

Selain dihadiri oleh Dubes RI Andri Hadi, staf dan keluarga besar KBRI, upacara kali ini juga dihadiri oleh para tokoh dan perwakilan masyarakat dari berbagai kota di Belgia dan Luksemburg.

Dubes RI Andri Hadi dalam sambutannya menyampaikan harapan agar tahun depan hari kemerdekaan Indonesia dapat dirayakan dengan lebih meriah dengan jumlah masyarakat yang lebih banyak.

Dalam kesempatan itu, Dubes RI juga berbagi capaian-capaian diplomasi KBRI Brussel, yang meski pandemi tetap gencar dilakukan dengan memanfaatkan berbagai peluang untuk membantu bangkitnya ekonomi Indonesia maupun untuk penanganan pandemi COVID-19 di tanah air.

“Di bidang politik, KBRI Brussel terus melakukan engagement dengan pihak eksekutif, anggota parlemen dan berbagai mitra kerja. Kunjungan Menlu Uni Eropa Josep Borrell ke Indonesia bulan Juni 2021, menunjukkan bahwa Indonesia salah satu negara penting bagi Uni Eropa. Di bidang ekonomi, perundingan Indonesia-EU CEPA terus didorong untuk diselesaikan. Jika disepakati, perjanjian ini berpotensi meningkatkan nilai perdagangan Indonesia dan Uni Eropa sebesar dua miliar dolar AS”, ujar Dubes Andri Hadi.

Dia menambahkan KBRI Brussel juga gencar menjalin kerja sama pengadaan vaksin dengan Uni Eropa dan negara-negara anggotanya.

“Meski pandemi, promosi mengenai Indonesia juga tidak terhenti. Tahun in KBRI juga sempat melakukan promosi Wonderful Indonesia di trem Kota Brussel,” kata Dubes RI yang juga merangkap untuk Luksemburg dan Uni Eropa ini dalam amanat upacara bendera tersebut.

Selain menyelenggarakan upacara, seperti tahun lalu, KBRI Brussel juga menyelenggarakan kompetisi video perayaan HUT ke-76 RI RI dengan tema “Aku dan Indonesia”.

Ia mengatakan kompetisi tersebut menjadi ajang unjuk semangat para diaspora Indonesia di Belgia dan Luksemburg dalam merayakan HUT ke-76 RI. Video-video hasil kompetisi ini ditayangkan di media sosial dan Youtube KBRI.

Tidak hanya itu, perayaan HUT RI tahun ini juga dilakukan dalam jumlah yang lebih kecil, yang dapat dilakukan di luar ruangan. Ada yang berkumpul bersama teman dan keluarga, menikmati makanan Indonesia, piknik di taman-taman kota, mancing bersama, dan lain-lain.

Menurut dia, peringatan HUT ke-76 RI semakin khidmat dan bermakna dengan panjatan doa-doa dan harapan agar pandemi di tanah air segera membaik dan bumi pertiwi Indonesia segera pulih kembali.

Baca juga: Tujuh ABK ikuti upacara HUT RI di KBRI Dakar usai alami musibah

Baca juga: Dubes Hermono pimpin upacara HUT RI di KBRI Kuala Lumpur

Baca juga: KRI Sultan Iskandar Muda ramaikan perayaan HUT RI di KBRI Ankara


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2021