Jakarta (ANTARA) - Aplikasi investasi Pluang meluncurkan 29 koin dan token kripto baru bekerja sama dengan Tokocrypto, sekaligus menyediakan fitur trading pada aplikasi guna menjawab perkembangan aset kripto di Indonesia.

Pluang menawarkan aset kripto dengan kategori "koin alternatif" (altcoins), seperti Binance Coin (BNB), Cardano (ADA), Polkadot (DOT), dan Ripple (XRP), yang kini sudah bisa didapatkan di aplikasi Pluang.

"Pluang adalah salah satu platform di Indonesia yang mengutamakan kemudahan bagi para penggunanya, baik investor pemula maupun investor berpengalaman," kata Co-Founder Pluang Richard Chua dalam siaran pers, Kamis.

Baca juga: Binance Crypto serahkan dua tangki oksigen cair untuk Indonesia

"Kami melihat kebutuhan pengguna kami atas aset kripto kian meningkat seiring perkembangan pasarnya. Dan kini, pengguna Pluang bisa berinvestasi di seluruh ekosistem aset kripto, mulai dari koin-koin 'penantang Ethereum' hingga token DeFi, berkat kemitraan kami dengan Tokocrypto," imbuh Richard.

Peminat investasi aset kripto terus bertumbuh dalam setahun terakhir. Data Kementerian Perdagangan per Mei 2021 mencatat jumlah investor aset kripto di Indonesia menembus 6,5 juta orang, atau melebihi jumlah investor saham sebanyak 2,4 juta investor berdasarkan data KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Dari Januari hingga Juli 2021, nilai Binance Coin tumbuh 757 persen. Di sisi lain, nilai Cardano dan Polkadot masing-masing juga meroket 644 persen dan 85 persen, melampaui nilai Bitcoin yang tumbuh 43 persen di periode yang sama.

Kemudian, transaksi altcoin mengambil porsi 70 persen dari total volume transaksi di Indonesia saat puncak reli harga aset kripto terjadi awal tahun ini.

Pluang tak hanya meluncurkan koin-koin baru namun juga fitur trading, misalnya limit order dan stop limit. Fitur baru itu memungkinkan trader yang lebih berpengalaman untuk memanfaatkan kesempatan dari volatilitas harga aset kripto serta momentum pasar.

"Dengan limit dan stop orders, pengguna juga tidak perlu menatap layar terus menerus dalam memantau turun-naik harga aset kripto,” ujar Richard.

“Untuk menambah kemeriahan akan hadirnya 29 altcoin, Pluang menghadirkan Crypto Trading Competition dengan total hadiah Rp100.000.000 bagi lima pemenang dengan nilai transaksi tertinggi hingga 31 Agustus 2021," tambah Richard.

Pang Xue Kai, Co-Founder & CEO Tokocrypto, mengatakan, “Kami sangat bangga bermitra dengan Pluang, hal ini sejalan dengan tujuan kami, yaitu menjangkau lebih luas lagi masyarakat untuk berinvestasi. Pengguna Pluang pun bisa merasakan kenyamanan dan kemudahan berinvestasi, seperti platform yang stabil dan berbagai pilihan aset kripto yang tersedia di platform kami."

Baca juga: Kuasa hukum EDCCash membantah kliennya rugikan 52.000 korban

Baca juga: Perbankan global dinilai naikkan kapitalisasi pasar aset kripto

Baca juga: Investor kripto tumbuh pesat di Indonesia selama pandemi

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021