Jakarta (ANTARA News) - Tokoh senior Partai Golkar Pinantun Hutasoit Senin malam meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Kuningan Jakarta dalam usia 75 tahun karena sakit.

"Pak Pinantun meninggal dengan tenang pada pukul 23:40 WIB karena sakit. Beliau dibawa ke RS MMC Kuningan sorenya dan meninggal tak lama kemudian," kata salah seorang adiknya, Bachtiar Hutasoit, di Jakarta Selasa.

Pinantun dilahirkan di Tapanuli pada 29 Juli 1935 mengalami sakit sejak lama dan sering berobat baik di Jakarta maupun di Singapura.

Dia adalah mantan anggota Dewan Penasehat DPP Partai Golkar, pernah menjadi Ketua DPP Golkar koordinator Bali, NTT, NTB.

Beberapa bulan lalu dia dipilih sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat Ormas MKGR, tempat dia mengawali karier politiknya bersama Mayjen Pur.H. Sugandhi.

Dia salah seorang anggota Sekretariat Bersama (Sekber) Golongan Karya yang menjadi cikal-bakal Golkar dan Partai Golkar, dan pernah menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta, DPR/MPR RI, dan berkecimpung di organisasi pertaksian.

Sebagai politisi dia sering memberikan komentar-komentarnya mengenai kehidupan politik di tanah air di berbagai media.

Almarhum meninggalkan seorang anak, Jonathan Hutasoit, yang masih kuliah sedangkan isterinya telah meninggal beberapa tahun sebelumnya.

Menurut keluarga, almarhum kini disemayamkan di rumah duka di daerah Tebet Timur Dalam Jakarta, dan menurut rencana akan dimakamkan Jumat di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010