Jadi di swasta itu diterapkan manajemen matriks, pembagian kerja mereka tak lagi kaku. Saya masih menangkap pembagian kerja antardeputi masih ada yang kaku
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melantik Siti Azizah sebagai Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM yang menggantikan Victoria Br Simanungkalit karena sudah memasuki masa purnatugas.

"Diangkatnya Siti Azizah diharapkan mampu mempercepat rencana strategis Kementerian Koperasi dan UKM dalam meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia menjadi 4 persen pada tahun 2020-2024," kata Teten dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Menurut Teten, rasio kewirausahaan Indonesia relatif tertinggal, masih di bawah Thailand 4,26 persen, Malaysia 4,74 persen, dan Singapura 8,76 persen.

Ia juga menyampaikan bahwa penataan struktur organisasi di tubuh Kemenkop-UKM terus dilakukan demi memastikan pelaksanaan program-program strategis yang ditetapkan bisa berjalan dengan baik.

Dengan begitu, diharapkan target untuk menumbuhkembangkan sektor UMKM bisa tercapai.

Teten minta agar pejabat yang baru dilantik dapat cepat menyesuaikan dan bisa memberikan energi baru dalam upaya mencapai berbagai target pemerintah di sektor koperasi dan UKM.

"Saya harap Bu Siti Azizah bisa membawa kultur baru di Kementerian Koperasi dan UKM. Silakan melakukan deregulasi, debirokratisasi, atau lainnya, tapi intinya cari cara yang mempermudah dalam menjalankan tugas tanpa mengabaikan akuntabilitas," katanya.

Selain itu, Teten menyatakan agar seluruh pejabat di Kemenkop-UKM mampu menjalankan fungsi organisasi yang baik dengan mengedepankan koordinasi sehingga mempercepat pencapaian target dari sebuah program. Juga, tidak kaku sebagaimana pada sektor swasta.

Menkop-UKM mengizinkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menjalankan sebuah program dengan melibatkan antar-kedeputian apabila diperlukan.

"Jadi di swasta itu diterapkan manajemen matriks, pembagian kerja mereka tak lagi kaku. Saya masih menangkap pembagian kerja antardeputi masih ada yang kaku," jelasnya.

Karena itu, ia menargetkan secara spesifik untuk membentuk gugus tugas sendiri yang melibatkan antar departemen saat menjalankan sebuah program.

Adapun Deputi Kewirausahaan Kemenkop-UKM Siti Azizah, menegaskan bahwa dirinya akan bekerja maksimal dan penuh tanggung jawab. 

Ia berjanji akan menggunakan tugas dan jabatannya untuk upaya pencapaian target peningkatan rasio kewirausahaan.

Dengan pengalamannya sebagai wirausahawan dan juga pernah berkecimpung di industri pembiayaan serta asuransi, ia optimistis bisa membantu masyarakat untuk menjadi wirausahawan tangguh, terutama di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Menteri Teten siapkan peran baru untuk LPDB-KUMKM

Baca juga: Menkop-UKM dukung Gerakan Pangan Pancasila dalam Wujud Koperasi

Baca juga: Teten Masduki usulkan perlunya pembiayaan bagi agregator produk pangan

Baca juga: Teten Masduki sebut kehadiran fintech sangat membantu usaha mikro

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021