Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan infrastruktur telekomunikasi di Mentawai dan Merapi pasca-bencana telah hampir sepenuhnya pulih.

"Saat ini infrastruktur telekomunikasi di Mentawai dan Merapi telah pulih meski sempat ada beberapa BTS di dua wilayah yang terdampak bencana itu rusak," kata Plt. Dirjen Postel Kemenkominfo, M. Budi Setiawan, di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, di Mentawai di mana hanya ada dua operator yang beroperasi yakni Telkom dan Telkomsel memang sempat "down" sesaat pasca-tsunami karena beberapa BTS rusak parah.

Namun, perbaikan dan pemulihan dapat secepat mungkin dilakukan karena bantuan salah satunya dari International Telecommunication Union (ITU) yang menyediakan telepon satelit.

"Ini memungkinkan telekomunikasi di Mentawai tidak terlalu terhambat," kata Budi.

Sementara di Yogyakarta pasca-letusan Gunung Merapi, beberapa daerah yang dekat dengan puncak letusan sempat mengalami kesulitan suplai power.

"Tapi infrastruktur telekomunikasi di Yogyakarta cepat pulih karena di Yogyakarta hampir semua operator telekomunikasi telah beroperasi di Yogyakarta," katanya.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010