Sleman (ANTARA News) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan membantu meringankan kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang menjadi korban bencana letusan awan panas Gunung Merapi agar bisa merintis kembali usaha mereka.

"Pemerintah pusat akan membantu meringankan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi yang terpuruk akibat bencana letusan awan panas Gunung Merapi," kata Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu.

Menurut dia, bentuk bantuan yang akan diberikan kepada UMKM dan koperasi korban letusan awan panas Gunung Merapi hingga saat ini belum bisa ditentukan karen menunggu pendataan dari pemerintah daerah setempat .

"Kami masih menunggu pendataan dari pemerintah daerah karena hanya pemerintah daerah bersangkutan mengetahui persoalan kebutuhan kalangan pelaku UMKM dan koperasi," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan membantu pemutihan untuk kalangan pelaku UMKM dan koperasi yang saat ini memiliki pinjaman di bank.

"Kami akan berkoordinasi dengan kalangan perbankan untuk kemungkinan memberikan pemutihan pinjaman kepada UMKM dan koperasi agar mereka dapat kembali memulai usaha tanpa dibebani pinjaman," katanya.

Syarifuddin mengatakan pada prinsipnya pemerintah siap untuk membantu para pelaku UMKM dan koperasi korban letusan awan panas Gunung Merapi agar mereka tidak semakin terpuruk.

"Pada intinya mereka sedang dalam kesulitan, dan jangan sampai menambah beban mereka dengan urusan-urusan yang menghambat mereka untuk bangkit membuka usaha," katanya.
(ANT/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010