Kita semua, masyarakat Indonesia, memiliki kewajiban moral untuk terus mengingatkan pemerintah agar menjaga demokrasi kita
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kewajiban untuk menjaga demokrasi di Indonesia.

“Kita semua, masyarakat Indonesia, memiliki kewajiban moral untuk terus mengingatkan pemerintah agar menjaga demokrasi kita,” kata Herzaky dalam keterangan tertulis yang diterima oleh ANTARA di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Herzaky dengan tujuan membangkitkan semangat masyarakat dalam meningkatkan praktik demokrasi di Indonesia. Ia berharap, Indonesia dapat mencapai kategori negara demokrasi yang lebih baik, yaitu menjadi negara bebas atau free. Kini, berdasarkan catatan The Economist, Indonesia berada dalam kategori partly free atau setengah bebas.

Guna mencapai kategori negara bebas, para warga diharapkan agar dapat lebih berani dalam berbicara dan berekspresi di muka umum. Apalagi, ketika pendapat yang disampaikan bertujuan untuk memberi masukan-masukan atau solusi kepada pemerintah dalam mengatur negara.

Selain itu, Herzaky juga berharap, agar dalam sisa waktu pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran pemerintah dapat menunjukkan komitmen dan keseriusan dalam mengoreksi dan meningkatkan praktik demokrasi di Indonesia.

“(Agar bisa, red) membaik dan memiliki nama baik di dunia internasional,” tutur Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat ini.

Merebaknya intimidasi dan serangan buzzer yang terorganisir dianggap menjadi penyebab akan rendahnya keberanian masyarakat untuk berekspresi dan berbicara di muka umum.

Padahal, esensi dari negara yang demokratis berada pada aktifnya peran rakyat dalam memberi kritik juga masukan yang berkaitan dengan jalannya pemerintahan.

Oleh karena itu, bersama-sama dengan pemerintah, masyarakat Indonesia harus terus menjaga esensi demokrasi dan lebih berani dalam menyampaikan pendapat guna meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Herzaky meyakini, demokrasi di Indonesia dapat menjadi lebih baik bila seluruh elemen negara, baik pemerintah dan masyarakat, menunjukkan komitmen dan keseriusan dalam memperjuangkan nilai-nilai demokrasi.

Baca juga: AHY sampaikan 17 Agustus momen pengingat terus rawat demokrasi
Baca juga: Suharso Monoarfa: Jadikan demokrasi instrumen untuk saling dukung
 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021