AsiaNet 42301

     TOKYO, 22 November (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Daisaku Ikeda, presiden asosiasi Budha Soka Gakkai Internasional serta pendiri Soka University, mendapat gelar Doctor of Humane Letters, dari Universitas Massachusetts Boston dalam satu upacara yang berlangsung di Shinjuku Ward Tokyo pada 21 November 2010.

     Penghargaan gelar akademis tersebut merupakan yang ke-300 yang diterima Ikeda dari lembaga-lembaga pendidikan tinggi di 50 negara, mulai dari doktor kehormatan, profesor kehormatan dan gelar setingkatnya, atas jasa dan upayanya membangun perdamaian dan mempromosikan pertukaran budaya dan pendidikan humanis.

     Rektor Universitas Massachusetts Boston, Dr. J. Keith Motley mengetuai satu delegasi yang beranggotakan Wakil Rektor dan Provost Bidang Akademis, Dr.Winston E. Langley dan Associate Provost dan Direktur Urusan Internasional dan Transnational, Professor Eunsook Hyun, kini tengah berada di Jepang untuk menandatangani kerja sama pertukaran bidang akademis dengan Soka University dan memberikan gelar doktor kehormatan itu kepada Ikeda.

     Universitas Massachusetts Boston merupakan bagian dari sistem pendidikan University of Massachusetts. Sebuah universitas publik dengan riset-intensif, menampung 11.000 mahasiswa calon sarjana dan 4.000 mahasiswa pascasarjana.

     Dalam pidatonya, Dr. Motley memperkenalkan Ikeda sebagai: "Pemimpin Budha yang penuh inspirasi, pencipta perdamaian, penulis, pendidik, dan pendiri lembaga-lembaga dunia yang berjuang bagi perbaikan umat manusia," dan memuji advokasinya untuk penguatan individu dan hubungan sosial.

     Ikeda mengomentari: "Saya merasa sangat terhormat. Penghargaan akademis yang Saya terima diatasnamakan bagi semua anggota SGI di seluruh dunia. Hal ini merupakan pengakuan atas kontribusi mereka di segala bidang. Sebagai warganegara biasa, Saya akan melipatgandakan upaya saya untuk mempromosikan perdamaian, pertukaran budaya dan pendidikan."

     Ikeda dan Dr. Motley sepakat bahwa, khususnya selema periode huru-hara dan kekacauan, peran pendidikan dapat membantu mengembangkan manusia yang berdedikasi bagi kesejahteraan umat manusia.

     Ikeda menerima gelar doktor kehormatan pertamanya pada Mei 1975 dari Moscow State University sebagai pengakuan atas usaha kerasnya di bidang pendidikan, perlucutan senjata nuklir dan tulisan-tulisan filosofisnya. Sejak itu ia kemudian banyak menerima gelar akademis dari berbagai lembaga pendidikan seperti dari Tsinghua University, University of Hong Kong, Denver University, University of Glasgow, University of Delhi, University of Sydney, Federal University of Rio de Janeiro dan University of Ghana.

     Daisaku Ikeda (1928- ) adalah presiden asosiasi Soka Gakkai Buddhist dari 1960 hingga 1979. Pada tahun 1975, ia menjadi presiden pertama Soka Gakkai International (SGI) di mana kini mempunyai 12 juta anggota di seluruh dunia. Ia juga mendirikan Institute of Oriental Philosophy, Min-On Concert Association, Tokyo Fuji Art Museum, lembaga pendidikan Soka mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga universitas, Toda Institute for Global Peace dan Policy Research serta Ikeda Center for Peace, Learning, and Dialogue. Ia adalah penulis sejumlah ajaran filosofi Budha dan menerbitkan lebih dari 50 buku berisi dialognya dengan para pemikir dari berbagai latar belakang budaya di seluruh dunia.

     Lihat: www.daisakuikeda.org

     Sumber: Soka Gakkai International

     Kontak:
     Joan Anderson
     Staf Informasi Publik
     Soka Gakkai International
     Tel: +81-3-5360-9482
     Fax: +81-3-5360-9885
     E-mail: janderson[at]sgi.gr.jp

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010