Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Asmat, Papua, memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp250 juta kepada korban banjir bandang di Wasior, Kabupaten Telum Wandama.

Sekretaris Daerah Kabupaten Asmat Elisa Kambu di Jayapura, Rabu mengatakan, pihaknya bantuan uang tunai itu merupakan hasil penggalangan dana pemkab dan masyarakat Kabupaten Asmat, diserahkan kepada Bupati Teluk Wondama Alberth H Torey disaksikan Sekda Provinsi Papua Constan Karma.

Dana tersebut berasal dari Pemda Asmat Rp100 juta, Korpri Rp100 juta dan hasil penggalangan dana dari masyarakat dalam beberapa kesempatan Rp50 juta.

Ia menjelaskan, penggalangan dana yang dilakukan Pemkab Asmat adalah mengedarkan kotak-kotak sumbangan dalam setiap acara resmi, seperti pada saat pelantikan Bupati/Wabup di Lapangan Yos Sudarso Asmat beberapa waktu lalu, maupun acara keagamaan lainnya yang menghadirkan massa dalam jumlah besar.

Menurut Sekda Elisa Kambu, bantuan kepada korban banjir bandang Wasior itu, adalah bentuk kepedulian masyarakat Asmat terhadap saudara-saudara mereka yang tertimpa musibah di Wasior.

Ia menambahkan, bantuan dana itu sebenarnya akan langsung di serahkan di lokasi bencana di Wasior, namun berhubungan dengan adanya Bupati Teluk Wondama di Jayapura yang sedang melakukan kegiatan kedinasan, sehingga bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Pemkab di Jayapura.

"Kita kebetulan bertemu di Jayapura, sehingga dana bantuan itu langsung kami serahkan agar segera disalurkan untuk meringankan beban para korban di Wasior," ujarnya.  (MBK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010