Seoul (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri China telah menunda rencana perjalanannya ke Korea selatan, menurut pemerintah Seoul, Kamis, di tengah-tengah meningkatnya ketegangan setelah serangan artileri Korea Utara ke sebuah pulau di selatan.

Yan Jiechi dijadwalkan untuk tiba pada Jumat guna melakukan perundingan dwipihak dan isu-isu kawasan sebagai salah satu upaya menghidupkan kembali perundingan enam pihak terkait perlucutan nuklir Korea Utara.

Namun kunjungan itu ditunda karena "penjadwalan kembali" China, menurut kementerian luar negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan. kedua belah pihak akan terus melakukan konsultasi guna menjadwal ulang kunjungan itu, katanya.

China, satu-satunya sekutu utama Korea Utara, belum bergabung dengan aksi dunia internasional guna mengutuk Pyongyang atas serangannya ke sebuah pulau Korea Selatan di perbatasan yang mengakibatkan tewasnya empat orang.

Berbicara Rabu di Moskow, Perdana Menteri Wen Jiabao mengatakan bahwa Beijing menetang "setiap aksi provokasi militer" di Semenanjung Korea dan mendesak seluruh pihak menahan diri.

AS dan Korea Selatan telah mengumumkan sebuah latihan angkatan laut selama empat hari di Laut Kuning mulai Minggu.

Beijing sebelumnya menentang keras kehadiran AS di Laut Kuning, yang terletak antara China utara dan Semenanjung Korea, demikian AFP.

(G003/H-AK/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010