Ke-10 sekolah yang disiapkan yakni lima Sekolah Dasar yaitu DSD latihan 1, SD Kalam Kudus, SD Negeri 11 Ambon, dan SD Lantera. Lima SMP yaitu SMP Negeri 4, SMP Negeri 6, SMP Kalam Kudus, SMP Negeri 14,
Ambon (ANTARA) - Sebanyak 10 sekolah di kota Ambon dipersiapkan menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), kata Kepala dinas pendidikan kota Ambon, Fahmi Salatalohy.

Ke-10 sekolah yang disiapkan yakni lima Sekolah Dasar yaitu DSD latihan 1, SD Kalam Kudus, SD Negeri 11 Ambon, dan SD Lantera. Lima SMP yaitu SMP Negeri 4, SMP Negeri 6, SMP Kalam Kudus, SMP Negeri 14,

"Sekolah tersebut saat ini masuk dalam tahapan pendampingan, guna proses sertifikasi internasional, " katanya di Ambon, Rabu.

Pemerintah kota Ambon bekerja sama dengan PT Albrasa Internasional Sertifikasi (AIS) merupakan badan sertifikasi Independen yang memberikan pelayanan, konsultasi, pelatihan, audit dan penerbitan sertifikasi yang diakui nasional dan seluruh dunia.

Pihaknya telah melakukan sejumlah tahapan yakni rekrutmen tenaga asesor penilai yang telah melakukan seleksi secara internasional.

"Tahap pertama telah selesai dan hasilnya dikirim ke sentra AIS di Canada," katanya.

Tahap selanjutnya dilakukan periode September dan Desember 202. Saat ini tim konsultan sementara melakukan bimbingan pendampingan kepada 10 sekolah.

"Tim disiapkan di sekolah untuk menyiapkan dokumen sekolah secara teknis, pada waktunya asesor akan menilai apakah sekolah ini layak atau tidak untuk disertifikasi," ujarnya.

Proses sertifikasi Internasional, katanya baru pertama dilakukan di kota Ambon, 10 sekolah ini diharapkan menjadi contoh bagi sekolah yang lain.

"Kita harapkan 10 sekolah ini akan menjadi contoh dan penyemangat untuk sekolah yang lain mengikuti sertifikasi secara nasional, dengan penilaian sarana prasana, dan tenaga kependidikan," katanya.
Baca juga: SMPN 8 Ambon ditetapkan sebagai sekolah pantai Indonesia 2021
Baca juga: Murid sekolah di London tampilkan tarian Maluku
Baca juga: Gubernur: Sekolah di Maluku tidak libur karena virus vorona

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021