Luwuk, Sulteng (ANTARA News) - Ratusan pencari kerja di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng), memadati loket pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Daerah.

Sementara puluhan pencari kerja lainnya memadati kantor pos di Jalan Ir Soekarno untuk melihat pengumuman penerimaan CPNS Kabupaten Banggai tahun 2010.

"Mau melihat pengumuman formasi penerimaan CPNS. Saya lambat dapatkan informasi pembukaan penerimaan," kata Ismiati (23), sarjana hukum lulusan Universitas Tadulako Palu.

Selain di loket pengumuman, para pencari kerja mulai memadati loket penjualan materai tempel di kantor pos.

Sudarmin (24), sarjana pendidikan, lulusan sebuah perguruan tinggi swasta di Luwuk, ibu kota Kabupaten Banggai, mengatakan sejak dua hari lalu ia telah melengkapi berkas untuk melamar PNS.

"Saya tinggal menunggu legalisir kartu tanda pencari kerja dan Senin pekan depan sudah bisa mengirim berkas pada panitia seleksi," katanya.

Sejak dibuka pendaftaran CPNS pada 23 November lalu, para petugas polisi pamongpraja terlihat menjaga ketat kantor BKD Kabupaten Banggai.

Pemkab Banggai sendiri akan menerima 225 pegawai baru terdiri dari tenaga kesehatan 67 orang, tenaga teknis 58 orang, dan tenaga pendidikan 100 orang.

Lulusan sekolah perawat kesehatan masih mendapat formasi pada pengadaan tenaga kesehatan sebanyak dua orang, seorang untuk perancang undang-undang, seorang instruktur otomotif, dan satu orang lagi tenaga pemandu wisata.

Panitia pengadaan pegawai setempat menetapkan standar indeks prestasi kumulatif minimal 2,50 untuk strata 1, sarjana muda, dan diploma.

(ANT-107/R015/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010