Lisbon (ANTARA News/AFP) - Portugal mampu untuk mendanai kebutuhan pinjamannya di pasar, kata Perdana Menteri Jose Socrates , Jumat dalam menghadapi laporan bahwa paket penyelamatan dari luar mungkin disiapkan.

"Portugal memiliki semua kondisi untuk membiayai dirinya sendiri di pasar," Socrates mengatakan dalam pertemuan dengan wartawan asing.

"Saya yakin bahwa penetapan anggaran belanja negara akan membantu memperkuat kepercayaan pasar di negeri ini."

"Eropa memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dan ini terdiri dalam strategi cepat menentukan yang akan menjamin stabilitas di zona euro, yang tidak mendukung spekulasi dan yang menjelaskan jalan yang jelas untuk mempertahankan mata uang tunggal."

Parlemen Portugal pada Jumat memberikan persetujuan akhir untuk sebuah program penghematan anggaran 2011 yang bertujuan untuk mengurangi defisit publik dari 7,3 persen dari output (PDB) tahun ini menjadi 4,6 persen pada 2011.

Dibebani dengan beban utang dan defisit, Portugal telah melihat biaya peminjamnya meningkat tajam di pasar obligasi, mendorong spekulasi negara itu mungkin harus mengikuti jejak Yunani dan Irlandia dan memohon sebuah "bailout" (dana talangan) internasional.

Yunani mendapat dukungan dari Uni Eropa dan Dana Moneter International (IMF) pada Mei dan pejabat Irlandia saat ini melakukan perundingan bantuan serupa dengan Uni Eropa dan IMF.

Awal Jumat pejabat Portugal membantah keras laporan sebuah media bahwa pemerintah telah datang di bawah tekanan dari sesama anggota zona euro dan Bank Sentral Eropa untuk menerima bailout. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010