Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas kedua Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone, Jumat.

Sebelum memuncaki catatan waktu kombinasi kedua latihan, Quartararo mengalami highside dan terjatuh di Tikungan 8. Ia tampak kesakitan memegangi kaki kirinya dan berjalan terpincang-pincang dibantu marshal ke pinggir trek.

Setelah kembali ke garasi, sang pebalap Prancis melanjutkan kembali sesi latihan meski harus menahan sakit.

El Diablo tak membuang waktu melibas kembali aspal Silverstone dan mampu menorehkan waktu tercepat provisional 2:00,138 dengan 15 menit tersisa.

Quartararo masih menyimpan kecepatan dan memperbaiki catatan waktunya di lap berikutnya kendati masih di atas dua menit, sebelum tampil lebih cepat lagi dengan catatan 1:59,317 yang tak bisa ditandingi lawan-lawannya. 

Baca juga: Usai jeda, Quartararo ingin fokus jalani yang terbaik tiap akhir pekan 

Upaya larut Jack Miller membawa sang pebalap Ducati ke peringkat dua, terpaut 0,512 detik dari pemuncak sesi dan rookie tim Pramac Racing Jorge Martin yang merangsek ke peringkat tiga setelah sempat terjatuh di FP1, demikian laman resmi MotoGP.

Suhu trek yang kurang optimal telah menyebabkan sejumlah pebalap mencium aspal di sesi latihan bebas, seperti yang dialami Marc Marquez di sesi pagi dan sang adik Alex Marquez yang terjatuh di kedua sesi.

Pol Espargaro dan Marc Marquez membawa kedua motor RC213V mereka melengkapi peringkat lima besar di saat seluruh pebalap yang turun di FP2 mampu melaju lebih cepat dari catatan waktu mereka di sesi pagi.

Francesco Bagnaia, Aleix Espargaro, Brad Binder, Alex Rins dan Valentino Rossi mengisi peringkat sepuluh besar catatan terbaik dari kedua sesi latihan demi mengamankan sementara tiket lolos ke Kualifikasi 2 (Q2).

Juara dunia bertahan Joan Mir dan Johann Zarco memiliki kesempatan terakhir di FP3 untuk merebut slot Q2 pada Sabtu nanti.

MotoGP kembali digelar di Silverstone sebagai seri ke-12 di kalender setelah tahun lalu balapan GP Inggris dibatalkan karena pandemi COVID-19. 

Awal musim ini tidak ada pebalap Inggris yang membalap di kelas premier, namun di Silverstone akhir pekan ini paling tidak dua pebalap tuan rumah mendapat kesempatan tampil di depan para pendukungnya. 

Baca juga: Jelang GP Inggris, para pebalap top minim pengalaman di Silverstone 

Menyusul hengkangnya Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha di tengah musim, Cal Crutchlow, yang sebelumnya ditugasi Yamaha menggantikan Franco Morbidelli yang masih memulihkan diri dari cedera, bakal berseragam tim Monster Energy Yamaha sebagai tandem Quartararo di Silverstone.

Kemudian pebalap Moto2 Jake Dixon mendapat kesempatan debut di MotoGP bareng tim Petronas Yamaha SRT dan akan mengendarai motor M1 spesifikasi 2019 milik Morbidelli akhir pekan ini. 

Quartararo tiba di Inggris dengan keunggulan 47 poin sebagai pemuncak klasemen dari penantang terdekatnya, yaitu Francesco Bagnaia dari tim Ducati dan Joan Mir dari tim Suzuki, sementara Johann Zarco terlempar ke peringkat empat setelah hasil kurang memuaskan di Austria.

Marc Marquez masih memegang rekor lap dan pole position di Silverstone, dan sang juara dunia delapan kali masih memulihkan diri dari cedera lengan dan bahu musim ini. 

Sang pebalap Spanyol terlibat duel klasik dengan kompatriotnya Alex Rins di Silverstone 2019, namun sang pebalap Suzuki mencuri kemenangan di tikungan terakhir menuju finis, menjadi salah satu finis terketat dalam sejarah MotoGP. 

Baca juga: Marquez dominasi FP1 GP Inggris, meski kecelakaan di akhir sesi 

Sepuluh besar catatan waktu dari dua sesi latihan. 
1 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1) 1'59,317
2 Jack Miller Ducati Team (GP21) +0,512
3 Jorge Martin Pramac Ducati (GP21)* +0,622
4 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V) +0,718
5 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V) +0,734
6 Francesco Bagnaia Ducati Team (GP21) +0,785
7 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP) +0,902
8 Brad Binder Red Bull KTM (RC16) +0,998
9 Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) +1,075
10 Valentino Rossi Petronas Yamaha (YZR-M1) +1,083 

Baca juga: Jake Dixon jalani debut MotoGP di Silverstone berseragam Petronas SRT 
Baca juga: Crutchlow ditugasi sebagai pengganti Vinales mulai GP Inggris 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021