Jakarta (ANTARA News) - Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2000-2005, Ahmad Syafii Maarif, mengatakan bahwa kehidupan beragama di Indonesia masih kondusif.

"Masih cukup kondusif," katanya usai menerima penghargaan Habibie Award Bidang Harmonisasi Kehidupan Beragama di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan, keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia dapat terus berjalan baik selama masing-masing pemeluk agama menghargai satu sama lain.

Dia menambahkan, negara Indonesia perlu memperkuat nilai-nilai pluralisme Bhineka Tunggal Ika dan lintas agama.

"Jangan ada diskriminasi terhadap suatu agama lain," katanya.

Terkait dengan Habibie Award yang dia terima, Ahmad mengaku sangat bersyukur dan tidak mengira akan mendapatkan penghargaan bergensi tersebut.

"Saya sangat bersyukur dan melalui ajang ini saya ingin terus berkarya," katanya.

Pemberian penghargaan yang dihadiri Wakil Presiden Boediono tersebut dilakukan oleh Ketua Dewan Pengurus Yayasan SDM Iptek, salah satu unit kerja dari The Habibie Center yang merupakan satu lembaga independen yang nirlaba, Wardiman Djojonegoro.

Selain Ahmad Syafii Maarif, tiga orang lainnya juga menerima penghargaan serupa, yakni Eniya Listiani Dewi yang memperoleh penghargaan dalam bidang ilmu rekayasa, Adrian Bernard Lapian dalam bidang ilmu kebudayaan dan Franz Magnis-Suseno dalam bidang harmonisasi kehidupan beragama.
(T.W004/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010