Jakarta (ANTARA News) - Ketua PP Muhammadiyah periode 2000-2005 Ahmad Syafii Maarif menjadi salah seorang dari empat penerima penghargaan Habibie Award dalam bidang harmonisasi kehidupan beragama.

Pemberian penghargaan yang dihadiri Wakil Presiden Boediono tersebut dilakukan oleh Ketua Dewan Pengurus Yayasan SDM Iptek Wardiman Djojonegoro di Jakarta, Selasa. Yayasan SDM Iptek adalah salah satu unit di lingkungan The Habibie Center.

Sementara pemberian medali dilakukan oleh Sangkot Marzuki dan pemberian uang tunai sebesar 25.000 dolar Amerika Serikat diberikan oleh keluarga Habibie.

Selain Ahmad Syafii Maarif, tiga orang lainnya juga menerima penghargaan serupa.

Ketiga orang itu yakni Eniya Listiani Dewi yang memperoleh penghargaan dalam bidang ilmu rekayasa, Adrian Bernard Lapian dalam bidang ilmu kebudayaan dan Magnis Suseno dalam bidang harmonisasi kehidupan beragama.

Ketua Dewan Pengurus Yayasan SDM Iptek Wardiman Djojonegoro mengatakan acara tersebut diharapkan dapat mendorong semangat para peneliti Indonesia untuk terus berkarya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dia juga berharap acara tersebut dapat mendorong para peneliti Indonesia untuk terus memberikan sumbangan nyata dan bermanfaat bagi bangsa.

"Kepada para pemenang, saya mengucapkan selamat dam semoga bisa terus berkarya," katanya.

Pemberian Habibie Award merupakan program utama yayasan SDM Iptek yang berlangsung sejak 1999.

Yayasan SDM Iptek mempunyai visi dan misi untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan mewakili kualitas iman dan taqwa.

Selain itu, program tersebut juga bertujuan menciptakan SDM yang mampu menguasai, mengembangkan dan pengendalikan ilmu pengetahuan serta teknologi.

(W004/A011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010