Liga Inggris

Manchester City menang telak 5-0 atas 10 pemain Arsenal

Manchester City menang telak 5-0 atas 10 pemain Arsenal

Gelandang serang Manchester City Ferran Torres merayakan gol keduanya ke gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (28/8/2021). (ANTARA/REUTERS/Russell Cheyne)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City meraih kemenangan telak 5-0 atas Arsenal, yang harus menuntaskan pertandingan hanya dengan 10 pemain, dalam laga pekan ketiga Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu.

City sudah memimpin 2-0 berkat gol-gol Ilkay Gundogan dan Ferran Torres, ketika Arsenal harus kehilangan Granit Xhaka karena kartu merah. Gabriel Jesus, Rodri Hernandez dan Torres kemudian melengkapi pesta lima gol tanpa balas sang juara bertahan.

Hasil tersebut membawa City melompat naik ke puncak klasemen sementara dengan raihan enam poin, sedangkan Arsenal yang masih nirpoin terjerembab jadi juru kunci, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: City skorsing Benjamin Mendy yang jadi tersangka kasus pemerkosaan
Baca juga: Pep Guardiola mungkin tinggalkan Manchester City pada 2023


Tim besutan Pep Guardiola tampil agresif sejak sepak mula dan tujuh menit pertandingan berjalan mereka langsung mampu membuka keunggulan ketika Jesus mengirim umpan silang ke area tiang jauh, di mana Gundogan bergerak di luar kawalan untuk menaklukkan kiper Bernd Leno.

Lima menit berselang, keunggulan City langsung berganda ketika Torres melakukan penyelesaian sederhana menyambut umpan tarik Bernardo Silva sama sekali gagal diantisipasi oleh barisan pertahanan Arsenal yang kacau balau.

Arsenal nyaris mendapat hadiah gol dari kiper Ederson Moraes yang melakukan blunder saat umpannya dipotong oleh Emile Smith Rowe, beruntung bagi tuan rumah bola masih melenceng dari gawang.

Petaka bagi tim tamu berlanjut pada menit ke-35 saat Xhaka melakukan jegalan berbahaya terhadap Joao Cancelo yang segera disambut wasit Martin Atkinson dengan mengeluarkan kartu merah dari sakunya.

Dua menit jelang turun minum, City menambah keunggulan mereka saat Jack Grealish melakukan pergerakan apik melewati hadangan Calum Chamber sebelum mengirimkan umpan yang bisa dikendalikan oleh Jesus sebelum mencetak gol ketiga ke gawang Arsenal.

Baca juga: Mikel Arteta terhimpit tekanan berat langsung pada awal musim
Baca juga: Manchester City akan pamer patung Silva dan Kompany


Ketertinggalan 0-3 memaksa Mikel Arteta menarik keluar Bukayo Saka dan menggantikannya dengan Mohamed Elneny di awal babak kedua, dengan harapan lini tengah dan pertahanan Arsenal menjadi lebih rapat.

Namun, perubahan yang diharapkan tidak nampak dan delapan menit memasuki babak kedua Rodri mencetak gol keempat City dengan tendangan melengkung yang sempat membentur tiang sebelum bersarang ke dalam gawang Arsenal.

Arus pertandingan terus berlangsung satu arah dan enam menit jelang bubaran waktu normal Torres mencetak gol keduanya dengan sundulan menyambut umpan silang akurat kiriman Riyad Mahrez demi melengkapi kemenangan City jadi 5-0 atas Arsenal.

Hasil tersebut membuat City jadi tim pembawa sial sebab Arsenal kini memiliki rekor kekalahan dalam sembilan pertemuan beruntun dari tim kota Manchester, sebagai rentetan kekalahan terburuk di sejarah mereka.

Sebaliknya bagi City, kemenangan itu membuat mereka menyamai torehan mencetak lima gol atau lebih dalam tiga laga kandang mengulangi catatan pada Oktober 2017 serta menyamai rekor yang juga dimiliki Chelsea pada Agustus 2010.

Kedua tim baru akan memainkan laga lanjutan masing-masing selepas jeda internasional dua pekan lagi saat City bertandang ke Stadion King Power menghadapi Leicester City dan Arsenal menjamu tim promosi Norwich City di Emirates.

Baca juga: Crystal Palace sukses rekrut gelandang Watford, Will Hughes
Baca juga: Neville yakin Cristiano Ronaldo bisa membuat MU alami musim yang hebat
Baca juga: Watford boyong Moussa Sissoko dari Tottenham Hotspur

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar