Mandalawangi Bergerak merupakan perkumpulan dari organisasi pecinta alam Mapala UI dan Wanadri berinisiatif mengadakan program vaksinasi masyarakat kaki gunung
Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan organisasi pecinta alam yang tergabung dalam Mandalawangi Bergerak membantu program vaksinasi pemerintah hingga ke permukiman penduduk di kaki gunung.

"Kita sangat berterima kasih sekali dengan Mandalawangi. Kita mengalami kesulitan untuk melaksanakan vaksinasi di daerah pinggiran apalagi daerah-daerah yang sudah semakin terpencil seperti masyarakat di puncak gunung atau masyarakat adat," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Ahad.

Budi mengatakan keterlibatan lintas program dan sektor sangatlah penting untuk membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi nasional COVID-19.

Mandalawangi Bergerak merupakan perkumpulan dari organisasi pecinta alam Mapala Universitas Indonesia (UI) dan Wanadri. Mereka berpartisipasi dalam mempercepat vaksinasi nasional dengan berinisiatif mengadakan Program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung.

Pada tahap pertama, kata Budi, kegiatan ini dilaksanakan di Mandala Wangi Camping Ground, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, pada 28 hingga 29 Agustus 2021 dengan menyasar sekitar 1.000 masyarakat.

Kegiatan tersebut digagas melalui kerja sama dengan pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.
Baca juga: Anggota DPR tanyakan distribusi vaksin saat raker dengan Menkes
Baca juga: JK kritik Menkes soal kerumitan administrasi vaksin COVID-19


Menurut Budi kegiatan itu diharapkan mendekatkan layanan vaksinasi kepada masyarakat untuk memperluas serta mendorong animo dalam mendapatkan vaksin COVID-19.

Budi berharap Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung dapat diperluas ke daerah lain untuk menekan laju penularan serta angka kematian akibat COVID-19.

“Saya mengimbau kalau bisa jangan di sini saja, tapi semua wisata-wisata pengunungan yang lain juga didatangi oleh teman-teman Mandalawangi dan melakukan hal yang sama,” katanya.

Ketua Mandalawangi Bergerak Rahmi Hidayati mengaku siap memperluas jangkauan Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung di jalur-jalur pendakian lainnya.

Diungkapkan Rahmi, rencananya kegiatan vaksinasi di Cibodas ini akan dijadikan sebagai percontohan untuk kegiatan lanjutan yang sedang direncanakan berlangsung di pos pendakian Salabintana dan Gunung Putri.

Rahmi mengatakan animo masyarakat dalam wisata mendaki gunung di Jawa Barat masih relatif tinggi di tengah pandemi, sehingga dibutuhkan upaya antisipasi penularan COVID-19 kepada penduduk sekitar.

“Ini sebagai bentuk kecintaan kita terhadap masyarakat di kaki gunung yang sudah mendukung kita naik gunung. Karena kalau kita tidak peduli dengan masyarakat sekitar sini, mereka nanti bisa saja terkena,” katanya.

Rahmi menambahkan selain mendorong percepatan kekebalan kelompok, gerakan tersebut hadir untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat di sekitar kaki gunung.
Baca juga: Menkes: Puncak perolehan vaksin di Indonesia pada September
Baca juga: Menkes: Indonesia duduki peringkat enam dunia pelaksanaan vaksinasi

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021