Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapreasiasi kegiatan Jakarta Creative Festival (JaKreatiFest) 2021 yang diselenggarakan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi DKI Jakarta.

“Kegiatan yang disertai rangkaian aktivitas lainnya, seperti festival kopi nusantara dan festival kreatif dan seni Jakarta, saya yakini akan dapat mendukung promosi para pelaku usaha kreatif unggulan DKI Jakarta, khususnya melalui transformasi dan digitalisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang dalam hal ini sangat gencar digerakkan oleh Bank Indonesia,” ujar Teten dalam Opening Ceremony JaKreatiFest, Jakarta, Senin.

Aspek transformasi digital UMKM, lanjut dia, tentu tidak sebatas menghadirkan pelaku dalam platform digital, namun juga memastikan pengetahuan terkait literasi digital, peningkatan kualitas, kapasitas produksi, dan dukungan terhadap akses pasar.

Dia mempercayai bahwa JaKreatiFest tak hanya menghadirkan program yang akan mengakselerasi transformasi, namun juga akan melibatkan seluruh jejaring komunitas kreatif terbaik di DKI Jakarta. Serta menghadirkan dampak yang sebesar-besarnya bagi para pelaku UMKM lintas sub sektor.

“Pada kesempatan kali ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia atas komitmen dan kontribusinya dalam mengembangkan UMKM, pahlawan ekonomi bangsa Indonesia,” tutur Teten.

Adapun Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi DKI Jakarta yang telah mensinergikan dua gerakan, yaitu gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” dan “Bangga Berwisata di Indonesia”.

Dia meyakini DKI Jakarta telah memiliki basis sumber daya manusia, infrastruktur, dan ekosistem untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif ke arah yang lebih baik.

Karena itu pula, ia berharap agar rangkaian JaKreatiFest dapat menggabungkan suara kampanye besar bersama sehingga semakin menanamkan rasa cinta atas karya kreatif anak bangsa dan produk lokal Indonesia.

Baca juga: Teten percaya JaKreatif Fest 2021 beri dampak besar ke pelaku UMKM
Baca juga: Sandiaga: Pandemi jadi peluang perbaiki pariwisata dan ekonomi kreatif
Baca juga: Disparekraf DKI: Pekan Film Jakarta untuk jaga keberlangsungan

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021