Makassar (ANTARA News) - Angelina Sondakh, mantan putri Indonesia yang kini berkiprah di dunia politik mengaku doyan kuliner khas Makassar.

"Masakan khas Makassar enak, tak kalah dengan masakan Manado yang serba pedas," kata anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini disela-sela kunjungannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat.

Masakan khas Makassar yang disajikan Rektor Unhas Prof Dr dr Idrus Paturusi ketika Angelina menjadi tamu kehormatan bersama rombongan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningkrum, mendapat pujian.

Dari beberapa jenis kuliner Makassar tersebut diantaranya "pallumara", "ulu juku" dan ikan bakar beserta "cobek-cobek" atau sambalnya, diakui wanita asal Manado, Sulut ini sangat sesuai dengan selera lidahnya.

Menurut isteri Adjie Massaid yang juga anggota DPR RI ini, masakan Makassar dan Manado memiliki persamaan yakni umumnya berbahan dasar ikan laut dan mengedepankan cita rasa asam dan pedas.

Karena itu, lanjut dia, kalau berkunjung di kota berjulukan "Anging Mammiri" ini, kuliner khas Makassar tak pernah lupa dicicipi.

Selain itu, apabila memiliki cukup waktu tak lupa pula membawa ole-ole otak-otak yang berbahan dasar ikan tenggiri.

"Makanan berbahan dasar ikan itu bergizi tinggi dan kaya protein," katanya.(*)
(T.S036/S016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010