Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia Alfed Riedl kemungkinan hanya melakukan sedikit perubahan formasi pemain Timnas yang akan diturunkan untuk menghadapi Laos pada laga kedua AFF Suzuki Cup 2010 pada Sabtu dibandingkan dengan ketika berhadapan Malaysia.

Asisten pelatih Wolfgang Pikal mengatakan, hampir semua pemain tampil sangat bagus saat berhadapan Malaysia, sehingga kalau pun ada perubahan formasi kemungkinan hanya satu-dua pemain.

"Malah kemungkinan besar tak akan ada perubahan dalam susunan pemain yang diturunkan sejak awal. Itu disebabkan semua pemain dinilai bermain sangat baik saat laga melawan Malaysia," ujar Wolfgang Pikal di Jakarta, Jumat.

Saat melawan Malaysia, pelatih Alfred Riedl menurunkan Markus Horison (kiper), Hamka Hamzah, Firman Utina, Maman Abdurahman, Muhammad Nasuha, Zulkifli Syukur, Muhammad Ridwan, Oktovianus Maniani, Ahmad Bustomi, Christian Gonzales dan Irfan Bachdim.

Menjelang pertandingan lawan Laos di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan mulai pukul 19:30 WIB kondisi Timnas Indonesia sangat siap.

Pertandingan akan kembali disiarkan langsung oleh stastiun RCTI.

Sebagai persiapan terakhir pada Jumat malam Riedl mengumpulkan seluruh pemain untuk berdiskusi. Riedl juga mengajak seluruh pemainnya menyaksikan video pertandingan Laos melawan Thailand untuk melihat lebih jelas kekuatan calon lawan Irfan Bachdim cs.

Timnas Indonesia terakhir berlatih pada Jumat pagi di lapangan Timnas, Senayan, Jakarta. Saat itu, Arif Suyono terlihat berlatih terpisah karena ada sedikit masalah pada ototnya yang sempat tertarik. Meski begitu, Wolfgang tetap yakin Arif tetap bisa tampil saat melawan Laos.

Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan tim pelatih, lini belakang Indonesia harus mewaspadai upaya counter attack yang sering membahayakan dari tim Laos.

Pikal juga memprediksikan Laos akan lebih banyak menumpuk pemainnya di sektor pertahanan karena mereka pun paham bahwa Timnas Indonesia akan bermain menyerang untuk meraih kemenangan mutlak.

"Meski begitu, kita akan mengingatkan pemain agar tidak lupa pertahanan dan mewaspadai serangan balik mereka. Kita sudah punya taktik dan strategi untuk mengantisipasi itu sehingga pemain tahu apa yang harus dilakukan," ujarnya.

Sementara Pelatih Laos David Booth hanya berjanji akan memberikan kejutan seperti ketika melawan Thauland. Booth mengisyaratkan sudah memiliki taktik untuk meredam kekuatan tuan rumah Indonesia.

"Alfred Riedl sangat mengenal banyak pemain Laos, jadi tidak mungkin saya ungkapkan strategi saya. Pemain yang harus diwaspadai dari Indonesia, sebelumnya saya hanya mengenal Bambang Pamungkas," ungkap David.

Kemenangan dari Laos merupakan "harga mati" bagi Timnas Indonesia untuk memastikan tiket ke semifinal. Jika tidak, maka pekerjaan akan bertambah berat ketika berhadapan Thailand pada laga terakhir 7 Desember mendatang.(*)
(ANT-132/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010