Liwa (ANTARA News) - Kabupaten Lampung Barat meraih penghargaan ketahanan pangan nasional 2010 dari pemerintah dan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta.

Kepala Bidang Bina Produksi, Dinas Perkebunan Kabupaten Lampung Barat, Agustanto Basmar di Jakarta, Jumat, menjelaskan, penghargaan tersebut diserahkan kepada kelompok tani teladan yang telah membantu peningkatan produksi pangan di Lampung Barat.

Menurut dia, penghargaan tersebut sebagai bukti kinerja pemerintah daerah dalam mengatasi krisis pangan.

"Progam peningkatan produksi pertanian dan perkebunan terus menjadi fokus kami," kata dia.

Ia mengatakan, petani di Lampung Barat semakin produktif dengan menjadikan lahan tidur sebagai lahan produktif.

Agustanto menjelaskan, bimbingan dan pendampingan dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang sehingga target produksi pertanian dan perkebunan dapat tercapai.

"Bantuan yang kami terima dari pemerintah pusat dimanfaatkan dengan baik oleh petani secara tepat guna sesuai dengan fungsinya," katanya.

Dia berharap, pemerintah terus membantu Lampung Barat dengan menyalurkan bantuan dana penguatan sehingga dapat membantu masyarakat dalam memperluas lahan usaha pertanian dan perkebunan.

Pemerintah memberikan penghargaan Ketahanan Pangan Nasional 2010 kepada Lampung Barat karena dinilai berprestasi dalam pembangunan ketahanan pangan serta meningkatkan produksi beras.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kelompok tani Triguna 45 dari Pekon (Desa) Tribudisukur, Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat, yang dinilai produktif dan terbaik dalam meningkatkan produksi pangan di daerah.

Penghargaan tersebut sekaligus menjadi evaluasi atas keberhasilan pembangunan ketahanan pangan dan memberikan motivasi kepada daerah untuk lebih meningkatkan produksi pangan sehingga ancaman krisis pangan dapat diatasi.

Sementara itu Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan, Lampung Barat terus meningkatkan produksi pangan setiap tahun.

"Progam yang digulirkan di seluruh wilayah terkait peningkatan produksi pertanian menjadi langkah pemerintah dalam menjadikan Lampung Barat sebagai lumbung pangan di Provinsi Lampung," kata dia.

Dia menjelaskan, Lampung Barat mampu mewujudkan swasembada pangan sehingga mampu mengatasi krisis pangan.

"Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi masyarakat dan semua kalangan dalam mewujudkan Lampung Barat sebagai lumbung pangan di Provinsi Lampung," katanya. (*)
(ANT-049//N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010