Guiyang, China (ANTARA News) - Sedikit-dikitnya enam orang tewas dan 34 lainnya cedera dalam satu ledakan yang menghantam seluruh kafe Internet di provinsi Guizhou, China barat daya, Sabtu malam.

Ledakan itu terjadi pada sekitar pukul 22:30 waktu setempat di sebuah kafe Internet di daerah pusat kota Kaili, di prefektur otonomi Miao-Dong, Qiandongnan, kata bagian keamanan umum provinsi Guizhou, yang dikutip Kantor Berita Xinhua.

Para korban ditarik keluar dari puing-puing dan yang terluka dilarikan ke rumah sakit, kata departemen tersebut.

Petugas penyelematan di tempat kejadian mengatakan, ledakan kuat telah mengubah kafe itu menjadi reruntuhan, dan juga menghancurkan jendela bangunan tempat tinggal di dekatnya.

Polisi sedang menyelidiki penyebab ledakan dan pencarian serta penyelamatan masih berlangsung.

Di Shijiazhuang, provinsi Hebei China utara, pihak berwenang setempat menjelaskan, enam orang tewas pada Kamis dalam ledakan pabrik kembang api.

Ledakan itu terjadi pada sekitar pukul 14:40 waktu setempat di Pabrik Mercon Fuguishan di kota kecil Fengning, Chengde City.

Para korban semua adalah penduduk desa setempat, menurut seorang juru bicara bagian penerangan.

Semua yang luka dibawa ke rumah sakit setempat, salah seorang di antara mereka dalam kondisi kritis.

Song Huanwen, yang mengontrak pabrik milik desa itu sedang dalam perjalanan bisnis ketika ledakan itu terjadi, katanya menambahkan.

Pabrik tersebut adalah resmi dengan sekitar 80 pekerja.

Tidak ada bangunan penduduk setempat yang rusak dalam ledakan itu, meskipun mereka tinggal hanya ratusan meter jaraknya dari pabrik tersebut, kata juru bicara itu.
(Uu.H-AK/H-RN/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010