Ankara (ANTARA News/AFP) - Seorang diplomat Turki bertemu Ahad dengan seorang pejabat Israel di Jenewa guna membicarakan cara-cara untuk menyelesaikan krisis yang mendalam antara kedua negara itu.

"Saya dapat mengkonfirmasi bahwa pertemuan telah berlangsung hari ini di Jenewa," kata seorang pejabat kementerian luar negeri Turki pada AFP tanpa menyebut nama.

Menurut dia, wakil kementerian luar negeri Turki, Feridun Sinitlioglu, telah bertemu dengan seorang wakil Israel, yang ia tidak dapat sebut namanya.

Pejabat itu tidak mau memberikan perincian lainnya.

Hubungan bilateral antara kedua sekutu pada suatu waktu itu telah tercebur ke dalam krisis yang mendalam pada 31 Mei lalu ketika pasukan Israel membunuh sembilan warga Turki ketika mereka menyerang sebuah kapal aktivis yang membawa bantuan ke Gaza yang diblokade, sebagai bagian dari kampanye internasional yang dipimpin oleh sebuah yayasan Turki.

Harian Haaretz Israel melaporkan, Ahad, bahwa PM Benjamin Netanyahu telah mengirim wakil Israel untuk komisi PBB yang menyelidiki insiden armada kapal itu, Yosef Ciechanover, ke Jenewa untuk bertemu dengan diplomat Turki tersebut.

Pertemuan itu terjadi segera sesudah pengiriman dua helikopter Turki untuk membantu menghadapi kebakaran hutan yang mematikan di Israel utara, tindakan yang telah meningkatkan harapan akan mencairnya krisis antara kedua negara. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010