Wapres dorong vaksinasi di pesantren capai 100 persen

Wapres dorong vaksinasi di pesantren capai 100 persen

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin melakukan peninjauan pelaksanaan PTM di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta pada Kamis (2/9/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setwapres/am.

Di sini kita harap terus divaksin sampai dengan 100 persen, supaya betul-betul 'herd immunity'-nya tercapai
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong vaksinasi COVID-19 di lingkungan pesantren dapat mencapai 100 persen sehingga kekebalan komunal dapat tercapai di pesantren.

"Di sini kita harap terus divaksin sampai dengan 100 persen, supaya betul-betul herd immunity-nya tercapai," kata Wapres saat meninjau pembelajaran tatap muka (PTM) di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, Kamis.

Wapres mengatakan seluruh santri dan tenaga pendidik di kalangan pesantren harus menjaga diri dari penularan COVID-19 karena pengendalian kasus tersebut termasuk masalah keagamaan.

"Bagi kita, terutama di kalangan pesantren, menjaga diri dari penularan melalui protokol kesehatan, melalui vaksinasi, itu bukan hanya masalah kesehatan, tetapi masalah agama," tuturnya.

Seperti yang disampaikan di beberapa kesempatan, Wapres merujuk Syekh Nawawi Al Bantani yang mengatakan bahwa menjaga diri dari penyakit ialah upaya maqashid syariah.

"Salah satu tujuan daripada tujuan besar syariat Islam itu salah satunya ialah menjaga diri dari penularan itu, disamping ada juga menjaga agama, menjaga akal dan menjaga harta," ujar Wapres.

Sementara itu, terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren Darunnajah, sebanyak 365 tenaga pendidik telah mendapatkan dua dosis dan 949 santri menerima vaksin COVID-19.

Dalam kunjungan tersebut, Wapres Ma’ruf juga menyaksikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada 360 santri oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Ulujami. Wapres mendukung pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan umat Islam di pondok pesantren sebagai upaya menekan angka penularan kasus COVID-19 secara nasional.

"Saya mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk semua pengurus, guru, administrator dan karyawan, serta para santri, sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran COVID-19, selain juga tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M," ujar Wapres.

Baca juga: Wapres harap daerah-daerah segera turun level PPKM

Baca juga: Wapres mendorong pengembangan inovasi agromaritim 4.0


#ingatpesanibu
#sudahvaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres tegaskan pemerintah akan tingkatkan kesejahteraan guru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar