Palembang (ANTARA News) - Penjaga gawang Sriwijaya Football Club Ferry Rotinsulu berharap diturunkan pelatih Timnas Alfred Riedl pada laga penyisihan Grup A Piala Asian Football Federation melawan Thailand di Jakarta, Selasa (7/12).

"Sebagai pemain, siapa yang tidak ingin dijadikan pemain inti. Saya pun berharap diberikan kepercayaan oleh Riedl. Tapi sebagai pemain, kita harus menghormati keputusan pelatih," kata Ferry yang dihubungi dari Palembang, Senin.

Ferry adalah satu dari lima pemain SFC yang memperkuat Tim Nasional di Piala AFF. Keempatnya, Arif Suyono, M Ridwan, Oktavianus Maniani, dan Firman Utina.

Berbeda dengan empat pemain SFC lainnya, Ferry justru belum sekali pun diturunkan Riedl pada laga melawan Malaysia (1/12) dan Laos (4/12).

Pelatih asal Austria itu lebih percaya kepada Markus Haris Maulana sebagai penjaga di bawah mistar gawang.

"Bagi saya tidak masalah dijadikan pemain cadangan. Karena pada prinsipnya setiap pemain harus siap jadi pemain inti dan sekaligus sebagai pemain cadangan. Keadaan itu adalah hal yang biasa dalam sepak bola," ujar dia.

Bagi pemain asal Palu ini, kemenangan tim adalah hal yang lebih utama.

Namun, jika diberikan kesempatan Riedl untuk mengantikan Markus, Ferry menyatakan tidak akan menyia-yiakannya.

"Jika saya dipercaya menggantikan Markus, maka hal itu tidak akan menjadi beban. Tapi menjadi suatu tantangan," kata kiper utama SFC ini.

Peluang Ferry untuk diturunkan pada laga melawan Thailand cukup terbuka, mengingat Indonesia telah dipastikan lolos ke babak selanjutnya.

Santer diberitakan bahwa Alfred Riedl akan memberikan kesempatan kepada pemain lapis kedua pada laga itu.

"Semua saya percayakan kepada pelatih. Jika diturunkan, saya siap," ujarnya.(*)

ANT/R014

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010