Paralimpiade Tokyo 2020

Ukun lalui laga dramatis dengan wakil Jepang di penyisihan Grup A

Ukun lalui laga dramatis dengan wakil Jepang di penyisihan Grup A

Dokumentasi - Ukun Rukaendi saat menghadapi pebulutangkis India Manoj Sarkar pada semifinal tunggal perorangan putra Asian Para Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (12/10/2018). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Jakarta (ANTARA) - Perjuangan dramatis yang ditampilkan Ukun Rukaendi di babak penyisihan tunggal putra SL3 Grup A parabadminton Paralimpiade Tokyo, Kamis, tak cukup menahan laju Fujihara Daisuke hingga atlet Indonesia itu harus menelan kekalahan 5-21, 18-21.

Meski kalah dalam dua gim langsung, namun pebulu tangkis berusia 51 tahun itu memberikan perlawanan gigih hingga pertandingan berjalan alot selama 51 menit di Yoyogi National Stadium, Tokyo.

Pada gim pertama, Fujihara yang sempat dikalahkan Daniel Bethell (Inggris) hari Rabu, bermain agresif untuk menekan Ukun.

Laga tunggal putra SL3 yang hanya bermain dalam separuh lapangan, menciptakan adu reli panjang yang menguras tenaga. Ukun yang lebih senior dibanding lawannya, lebih banyak kehilangan poin akibat kehabisan tenaga setelah melalui reli atau menepis serangan beruntun dari Fujihara.

Dalam gim pembuka ini, tercatat reli paling lama mencapai 41 kali pukulan, demikian catatan resmi Paralimpiade Tokyo menyebutkan di laman resminya.

Pada gim kedua, permainan Ukun terlihat lebih meyakinkan dengan kemampuannya mencuri angka melalui pengembalian yang sulit dihalau Fujihara.

Peraih dua medali emas Kejuaraan Dunia BWF 2017 ini bahkan sempat unggul 17-10.

Namun secara mengejutkan Fujihara mengubah pola permainannya dengan tempo yang lebih cepat, memaksa Ukun untuk bermain di bawah kendali pebulu tangkis peringkat lima dunia itu.

Ukun yang semula berada di atas angin, menjadi kesulitan menghalau serangan lawannya dan sempat terjatuh saat berusaha menjangjau bola di depan net.

Fujihara terus mengejar hingga mampu menyamakan skor 18-18. Ukun yang tak bisa mengatasi tekanan, berusaha melakukan pengembalian, namun sayang bola keluar dari garis dan keunggulan pun berbalik kepada Fujihara dengan skor 18-19.

Gim kedua berjalan alot, bahkan mencatatkan reli terpanjang mencapai 107 pukulan. Ukun yang dikenal tahan dengan permainan tempo lambat dipaksa menyerah setelah bermain selama 51 menit dengan skor 18-21.

Ukun, yang kini memiliki poin -19 di Grup A, masih berpeluang memperbaiki lolos ke semifinal sebagai runner-up grup jika mampu menundukkan Bethell pada hari Jumat.

Baca juga: Dheva dan Suryo amankan kemenangan di laga kedua penyisihan Grup A
Baca juga: Ratri kalahkan rekan senegara di penyisihan Grup A parabadminton Tokyo

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Inilah cita-cita peraih dua medali emas Paralimpiade Tokyo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar