Ini merupakan ajang pencarian bibit, talenta baru untuk ke ajang MotoGP
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia bekerja sama dengan federasi balap motor internasional FIM bakal menggelar kejuaraan MiniGP Indonesian Series sebagai ajang pencarian bakat dan pembinaan para pebalap muda menuju MotoGP.

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis, resmi mengenalkan rencana pagelaran kejuaraan bagi pebalap berusia 10-14 tahun itu mulai tahun depan.

"IMI akan menggelar satu event internasional yang baru yaitu FIM MiniGP Indonesian Series untuk 'Road to MotoGP'," kata Bamsoet.

Baca juga: IMI dan FIM siap hadirkan MiniGP Indonesian Series pada 2022

"Ini merupakan ajang pencarian bibit, talenta baru untuk ke ajang MotoGP."

MiniGP merupakan platform yang dirintis oleh FIM dan Dorna Sports untuk menyiapkan para pebalap muda menuju MotoGP.

Dengan standarisasi kompetisi di bawah payung yang sama, seri tersebut bertujuan untuk menciptakan platform yang setara bagi para pebalap di seluruh dunia, meningkatkan ketrampilan dan kesempatan untuk "Road to MotoGP".

"Kami harapkan pebalap Indonesia yang berusia 10-14 tahun ini bisa masuk beberapa tahun ke depan ke ajang MotoGP."

Tahun 2021 menjadi musim perdana MiniGP World Series yang mana seri di berbagai belahan dunia dimulai antara Juli hingga paling lambat selesai 17 Oktober.

Tiga pebalap peringkat teratas di akhir MiniGP Indonesia Series akan mendapat kesempatan ke final MiniGP World Series yang akan dilangsungkan di Valencia, Spanyol.

Baca juga: Sirkuit Mandalika terbuka untuk gelar Formula 1

Balapan digelar di sirkuit karting yang memenuhi standar minimal yang ditentukan oleh FIM dan federasi otomotif nasional dan semua pebalap nantinya akan menggunakan motor Ohvale GP-0 160.

Menurut laman resmi MotoGP, kejuaraan MiniGP Series sedikitnya harus terdiri dari delapan balapan di dalam kalender, dan minimal diikuti 15 pebalap permanen di setiap kompetisinya.

Para pebalap teratas dari MiniGP Cup tingkat nasional, regional atau kontinental, tergantung usia dan lokasinya, akan mendapat akses langsung ke seleksi Idemitsu Asia Talent Cup atau kesempatan entri ke Honda British Talent Cup, Northern Talent Cup atau European Talent Cup.

Wakil Ketua Umum Internasional dan Event IMI Happy Harinto mengungkapkan MiniGP Indonesian Series 2022 akan memiliki lima seri, yang kemungkinan bisa ditambah hingga delapan, yang setiap serinya terdiri atas dua balapan.

Sport Talenta Indonesia selaku promotor MiniGP Indonesian Series akan melakukan riset dan survei lokasi yang bakal jadi tuan rumah kejuaraan, salah satunya Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang disiapkan sebagai tuan rumah WSBK pada November nanti dan MotoGP tahun depan.

Baca juga: MGPA undang Valentino Rossi sapa penggemar dan jajal Sirkuit Mandalika

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021