Makassar (ANTARA News) - Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Dr Idrus A Paturusi akan menghadiri konferensi Confucius Institute di Beijing, China.

Humas Unhas Makassar, M Dahlan Abubakar, di Makassar, Selasa, mengatakan, kehadiran Rektor Unhas tersebut setelah mendapatkan undangan resmi oleh pimpinan Confucius Institute.

Undangan untuk menghadiri Konferensi Conficius Institute tersebut diberikan kepada Unhas selaku kampus yang menjalin kerja sama dengan Confucius Institute untuk mengembangkan Pusat Bahasa Mandarin.

"Oleh karena itulah, Rektor Unhas diharapkan dapat mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam konferensi Confucius Institute yang kelima tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam tersebut akan membahas mengenai situasi serta gambaran mengenai perkembangan lembaga ini sejak berdiri pada 2004.

Perkembangan Confucius Institute tersebut berkenaan dengan keberadaanya di sejumlah perguruan tinggi di seluruh negeri, termasuk yang akan dibuka di Unhas pada Februari 2011.

"Dalam forum ini, akan dibahas dan ditentukan mengenai langkah-langkah serta kebijakan Confucius Institute dalam merealisasikan tujuannya untuk mempromosikan bahasa dan kebudayaan China," imbuhnya.

Selain Rektor Unhas, Direktur PBM Unhas, Burhanuddin Arafah juga diundang untuk menghadiri konferensi Confucius Institute yang diselenggarakan 9-12 Desember 2010.

Menurut dia, kehadiran Rektor Unhas dalam konferensi ini memiliki arti yang sangat besar, dimana Unhas bisa menjadi perguruan tinggi yang dikenal di mata internasional.

"Tidak hanya itu, konferensi ini juga dapat menjadi sarana bagi Unhas untuk semakin membuka jaringan dengan perguruan tinggi internasional yang juga bekerja sama dengan Confucius Institute," tandasnya. (*)

ANT/S016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010