Palembang (ANTARA News) - Tim Malaysia unggul besar dengan sekor 5-1 saat melawan Laos pada pertandingan piala Suzuki Asean Football Federation di Stadion Jakabaring Palembang, Selasa malam.

Dalam menit-menit pertama pertandingan sepi penonton tersebut tim Malaysia sering menguasai bola sehingga menciptakan banyak peluang menciptakan gol.

Gol pertama tim Malaysia diciptakan dari sondolan Mohd Amri Bin Yahyah pada menit 3.

Dengan kemasukan satu gol tersebut sehingga kesebelasan Laos mengatur strategi dan meningkatkan serangan sehingga mampu mengimbangi Malaysia.

Gol balasan Laos diciptakan pemain Lamnao Singto pada menit ketujuh babak pertama sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Namun pada menit 38 gol kedua Malaysia kembali tercipta dari pemain nomor punggung 17, Mohd Amri Bin Yahya.

Kedua tim bergantian menguasai bola sehingga mencipta banyak kesempatan emas.

Pada babak kedua Malaysia kembali mengusai bola dan berhasil membobol gawang Laos sehingga kedudukan berubah menjadi 3-1m dari Mohd Amirulhadi Bin Zainal pada menit 73.

Gol ini mengendurkan semangat pemain Loas sehingga bola dominan dikuasai kesebelasan yang dibina pelatih David Booth tersebut

Melihat kondisi pemain Laos yang mulai kewalahan tersebut sehingga tim Malaysia memafaatkan kesempatan untuk mencinptakan gol.

Gol Malaysia kembali tercipta melalui tendangan Norshahrul Iqlan Bin Talaha di menit 76 sehingga kedudukan 4-1 untuk Malaysia.

Laos semakin grogi dan membuat pemain Kitsada membuang bola namun masuk ke gawang sendiri sehingga kedudukan menjadi 5-1.

Pelatih Laos, David Booth mengakui kekuatan lawan dan menyebut pemainnya banyak melakukan kesalahan. Instruksi yang diberikan kepada pemain tidak jalan sehingga bola selalu berada di pertahanan sendiri, ujar dia.

Sebaliknya Pelatih Malaysia, Rajagobal gembira atas kemenangan tersebut.

"Kemenangan itu harus dipertahankan dan dimaksimalkan lagi sehingga dalam pertandingan babak berikutnya bisa menang," katanya. (*)

.U005/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010