Sukabumi (ANTARA News) - Ketua Pengurus Cabang Muhammdiyah Kota Sukabumi, Jawa Barat Ade Munhiar mengajak masyarakat setempat untuk mejadikan momentum Tahun Baru 1432 Hijriah ini sebagai awal untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan antarumat beragama.

Ade, yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Kota Sukabumi, Selasa menyatakan bahwa setiap umat beragama baik dari kaum mayoritas ataupun minoritas, mesti saling menghargai dan menghormati.

"Kaum mayoritas jangan sampai mengabaikan hak-hak kaum minoritas," ujarnya.

Ia juga mengajak umat Islam di Kota Sukabumi untuk melihat dan mengambil pelajaran dari kisah hijrah Rasulullah Muhammad SAW, dan kaum Muhajirin ke Madinah yang menjadi awal mula tahun Hijriah.

"Tahun Hijriah diawali dengan hijrahnya Rasulullah ke Madinah, saat itu umat Islam masih menjadi kaum minoritas, namun masyarakat Madinah menerima dan menyambut mereka dengan baik," katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat ke depannya dapat lebih menerima segala bentuk perbedaan sebagai suatu anugerah.

"Semoga ke depannya masyarakat dapat lebih bijak dalam menghadapi perbedaan, sehingga hal-hal anarkis yang meresahkan tidak terulang lagi," ujarnya.

Ia juga mengajak umat Islam agar menjadikan momentum Tahun Baru 1432 Hijriah ini untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik.

"Marilah kita menjadi pribadi yang lebih baik di awal tahun ini sesuai peran masing-masing, bagi para pemimpin jadilah pemimpin yang lebih baik dengan memperhatikan masyarakatnya dan masyarakat pun jadilah masyarakat yang lebih baik dan taat hukum," demikian Ade Munhiar. (*)
(ANT-241/A035/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010