Jakarta (ANTARA News) - Maskapai AirAsia akan membuka rute langsung dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Balikpapan, Kalimantan Timur mulai 12 Januari mendatang.

"Rute terbaru dari Kuala Lumpur ini merupakan destinasi AirAsia yang ke-11 di Indonesia," kata Presiden Direktur Indonesia AirAsia, Dharmadi saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Dharmadi menjelaskan, rute itu akan dilayani tiga kali penerbangan dalam seminggu yakni pada setiap hari Rabu, Jumat dan Minggu.

"Dengan rute terbaru ini, maka kini AirAsia telah memiliki 126 penerbangan setiap minggunya dari Kuala Lumpur menuju ke beberapa destinasi di Indonesia," katanya.

Balikpapan merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini sebagian besar dikelilingi oleh perairan dan terkenal sebagai kota industri migas, pertambangan serta kayu.

Beberapa situs menarik di kota Balikpapan yang keindahannya kini dapat dinikmati langsung oleh warga Asia adalah pantai Melawai dan Manggar Segarasari, Taman Bekapai, Taman Wanawisata, Agro Tourism Garden, Penangkaran Buaya Teritip dan beberapa pusat perbelanjaan yang menarik.

Wisatawan dapat menikmati atraksi menarik lainnya di lokasi-lokasi yang masih berdekatan dengan Balikpapan, seperti cagar alam Orang Utan di Semboja, pasar terapung di Banjarmasin, menyelam di Pulau Derawan, dan bermain kano sambil menikmati pemandangan goa-goa yang terdapat di sepanjang Sungai Kandilo dengan berbagai jenis kera yang hidup di sana, serta masih banyak lagi lainnya.

"Selain potensi wisata, kami harap rute baru ini mampu menjembatani kebutuhan para pekerja Indonesia di Malaysia dan sebaliknya," katanya.

Untuk rute baru ini, AirAsia mempersembahkan promo kursi hemat mulai dari Rp 88.000 sekali jalan untuk periode pemesanan mulai tanggal 8 hingga 15 Desember 2010 dan periode terbang mulai 12 Januari ? 10 Nopember 2011 dan hanya tersedia di www.airasia.com

(E008/A035/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010