Jakarta (ANTARA News) - Ketua Sub Bidang Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata mengatakan pelatih ganda putra Sigit Pamungkas tidak sepenuhnya akan meninggalkan Pelatnas melainkan sesekali akan membawa pemain asuhannya berlatih di Cipayung.

"Sigit sudah menyampaikan bahwa ia tidak akan hilang begitu saja, ia akan tetap membawa Kido/Hendra berlatih bersama adik-adiknya di Cipayung," kata Christian di Jakarta, Rabu, saat dikonfirmasi mengenai rencana pengunduran diri Sigit dari Pelatnas.

Ia mengatakan Sigit mengundurkan diri karena akan kembali menangani pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan yang keluar dari Pelatnas pada akhir 2009, namun Christian belum memastikan kapan Sigit secara resmi meninggalkan Cipayung karena belum menerima surat pengunduran dirinya.

"Ia akan secara khusus menangani Kido/Hendra (di klub mereka Jaya Raya), dan ini adalah solusi yang baik karena dia akan tetap bisa memantau anak didiknya yang lain," kata Christian.

Christian mengatakan terkait dengan target-target yang ingin dicapai di waktu yang akan datang, terutama Olimpiade 2012, Kido-Hendra membutuhkan penanganan yang lebih spesifik baik dalam hal kondisi fisik, teknik permainan dan program pertandingan.

"Pada intinya, muaranya pada pencapaian prestasi yang maksimal terutama dengan tradisi emas Olimpiade, karena faktanya pada ganda putra, kami tetap mengharapkan Kido/Hendra sebagai tumpuan utama meskipun kami juga berharap pasangan lain seperti Bona Septano/Mohammad Ahsan dan Angga Pratama/Rian Agung Saputra bisa lolos ke Olimpiade," jelasnya.

Soal pengganti Sigit yang akan menangani ganda putra Cipayung, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Lius Pongoh mengatakan ada dua kemungkinan yakni mengambil pelatih dari dalam Pelatnas atau dari luar.

"Sudah ada (nama kandidatnya) tetapi masih akan didiskusikan dahulu," kata Lius menolak menyebutkan nama calon pengganti Sigit yang membawa Kido/Hendra meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan Asian Games 2010 di Guangzhou.

Hayom tersingkir

Sementara itu, pemain tunggal putra nasional Dionysius Hayom Rumbaka langsung tersingkir dari turnamen Super Series terakhir tahun ini, Hong Kong Terbuka.

Hayom kalah oleh pemain tuan rumah Hu Yun dua game langsung 9-21, 17-21 dalam waktu 31 menit.

Sedangkan unggulan ketiga Taufik Hidayat maju ke putaran kedua setelah mengantungi kemenangan atas pemain China Du Pengyu 21-19, 21-9 untuk selanjutnya bertemu pemain Thailand Tanongsak Saensonboonsuk.

Adapun pasangan Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan mengalahkan pasangan Hong Kong Leung Chun Yiu/Yohan Hadikusumo Wiratama 15-21, 21-19, 21-17 untuk selanjutnya melawan mantan senior mereka di Pelatnas Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan.

Sebelumnya, Alvent/Hendra yang menjadi unggulan ketujuh, memastikan tempat di babak 16 besar dengan menyisihkan Liao Min Chun/Wu Chun Wei dari Taiwan 21-9, 21-8.

Sementara unggulan kedua Kido/Hendra membukukan kemenangan 21-13, 21-18 atas Rasmus Bonde/Anders Kristiansen dari Denmark untuk bertemu pasangan Thailand Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol pada babak selanjutnya.(*)

.F005/I015/

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010