London (ANTARA News/AFP) - Pengacara pendiri WikiLeaks Julian Assange mengatakan akan bertemu dengannya pada Kamis di penjara di London, tempat ia dalam keadaan kejiwaan baik dan yakin menang melawan ekstradisinya.

Mereka akan membahas kemungkinan pengajuan permintaan membebaskannya dengan jaminan menjelang sidang 14 Desember mengenai ekstradisi ke Swedia, tempat Assange diminta menjawab pertanyaan mengenai tuduhan pemerkosaan, kata pengacaranya, Jennifer Robinson.

"Kami akan menemuinya hari ini," kata Robinson kepada AFP.

Saat ditanya apakah mereka akan meminta sidang lain sebelum 14 Desember, ia menjawab, "Saya lebih memilih tidak berkomentar mengenai hal tersebut, karena itu yang akan kami bahas dengannya hari ini."

"Saya yakin ia baik-baik saja. Rekan saya, Mark Stephens, telah berbicara dengannya kemarin dan ia dalam keadaan kejiwaan baik. Ia (Assange) yakin kami dapat membersihkan namanya dan kami dapat menang dalam perkara ini," katanya.

Pemimpin WikiLeaks asal Australia, yang lamannya menyiarkan ribuan kawat rahasia diplomatik Amerika Serikat, ditangkap polisi Inggris pada Selasa setelah Swedia mengeluarkan perintah penangkapan tingkat Eropa.

Pengadilan Inggris menolak jaminan bagi pria berusia 39 tahun tersebut dengan alasan Assange dapat melarikan diri dan saat ini berada di penjara Wandsworth di London.

Pengacara hak asasi manusia cukup terkenal, Geoffrey Robertson, yang memiliki kewarganegaraan Inggris dan Australia, mewakili Assange untuk berjuang menolak ekstradisi.

Pendukung Assange mengatakan perkaranya bermotif politik.

Pengacara kedua perempuan Swedia, yang menuduh Assange melakukan pelecehan seksual, menyatakan tuduhan tersebut tidak berhubungan dengan keributan mengenai WikiLeaks.(*)
(Uu.KR-DLN/B002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010