Jakarta  (ANTARA News) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaq, mengatakan bahwa PKS mulai melakukan penjaringan terhadap kader-kadernya untuk layak diusung menjadi calon presiden mulai 2011.

"Tahun 2010 adalah tahun ajang konsolidasi internal bagi PKS. Untuk tahun 2011, PKS akan melakukan konsolidasi kepada kader-kader PKS, termasuk mencari orang-orang atau kader yang akan diusung menjadi calon presiden," kata Lutfi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.

Ia beralasan, konsolidasi untuk mencari kader terbaik untuk diusung oleh PKS sebagai calon presiden didasarkan hasil uji coba (try out) yang dilakukan selama tahun 2010.

"Apa yang kita lakukan di tahun 2010 sudah bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menjaring kader-kader terbaik PKS," kata Lutfi.

Mengenai evaluasi politik tahun 2010, ia mengatakan, situasi politik di tanah air berjalan dengan aman dan tidak ada masalah.

"Tidak ada sesuatu yang spesial di tahun 2010 karena masing-masing partai melakukan penyusunan dan konsolidasi internal partai serta menyusun strategi kerja partai tapi tetap bisa menjaga stabilitas nasional. Begitu juga dengan mitra koalisi, baik-baik saja," kata Lutfi.

Menurut Lutfi, tahun 2010 hampir semua partai politik sudah menyelesaikan konsolidasi internal partai dan berada di "starting point".

"Untuk itu mereka perlu melakukan try out dengan konsep yang mereka miliki, sehingga kalau ada gesekan-gesekan, itu akibat dari try out tersebut dan bagian dari strategi," kata Lutfi.

Ia menambahkan, try out yang dilakukan partai-partai masih dalam aturan main (rule of game) dan masih bisa dimengerti oleh partai lain yang dijadikan objek dari uji coba itu.

"Siapapun yang dijadikan objek sebuah konsep, cepat atau lambat akan tahu," katanya.

Bagi PKS sendiri, perlu dilakukan uji coba terhadap konsep yang dimilikinya kepada partai lain. Begitu juga sebaliknya.

"Boleh juga PKS lakukan try out pada parpol lain. Selama ini try out terhadap PKS bukan suatu yang serius. Tapi, kalau hal itu serius, kita akan respon. Jadi hak semua partai untuk melakukan try out dan menjadi hak partai untuk menjadi partai lain sebagai objek percobaan. Tinggal siapa yang bisa memenangkan dan nanti akan kelihatan partai apa yang try out-nya berhasil dengan baik," ungkap dia.

Ia berharap, tahun 2011, perpolitikan Indonesia bisa menjadi lebih baik dan tidak ada lagi politik sandera.

"Saya berharap semua bisa berjalan dengan baik. Parpol pendukung pemerintah bisa mengkosolidasikan dan langkah-langkah Setgab sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan dalam berkoalisi dan seluruh lontaran dan manuver diluar koalisi bisa ditampung bila sesuai," kata Lutfi.
(T.ANT-134/D011/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010