Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi Rp2,5 miliar dari lima perusahaan berskala internasional untuk disalurkan kepada para korban bencana Wasior, Mentawai, dan Merapi.

"Seluruh jumlah uang yang telah didonasikan melalui PMI akan mendukung program pemulihan dini di Wasior, Merapi, dan Mentawai," kata Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, di Gedung PMI Pusat, Jakarta, Selasa.

Terkait program pemulihan dini pascabencana di Merapi, Wasior, dan Mentawai, Kalla menambahkan, PMI kini tengah menjalankan program pemulihan dini. Di Merapi, PMI memprioritaskan untuk mendistribusikan air bersih kepada sekitar 100.000 warga di sana.

Untuk Mentawai, PMI melaksanakan pembangunan Hunian Sementara (Huntara) untuk para korban tsunami. Di Wasior, program Restoring Family Links juga masih dijalankan hingga 6 bulan ke depan.

PMI menerima donasi Lebih rinci, antara lain donasi sebesar Rp108.525.308 dari Koperasi PT. Summit OTO Group diserahkan langsung kepada PMI oleh Ketua Koperasi Y. Purwanto.

"Sebagai wujud kepedulian kami terhadap para korban bencana, kami mendonasikan dana ini untuk membantu mereka. Kami percayakan melalui PMI yang telah memiliki banyak pengalaman dalam penanggulangan bencana," kata Ketua Koperasi Y. Purwanto.

Hal sama juga diungkapkan oleh Human Resources Director PT. Busana Apparel Group Jerry Nainggolan saat acara serah terima donasi sejumlah Rp667 juta kepada PMI di Gedung Markas PMI, Jakarta, Selasa (14/12).

Ia mengatakan bahwa lima perusahaan cabangnya termasuk PT. Ungaran Sari Garments yang turut menyumbang berharap, bantuan ini bisa meringankan beban dan penderitaan para korban bencana.

Lebih lanjut, terkait dengan donasi sebesar 25 ribu dolar AS atau sekitar Rp250 juta dari Asosiasi Perminyakan Indonesia, Ron Aston selaku pucuk pimpinannya menyatakan, pihaknya percayajan PMI dengan seluruh programnya dalam penanggulangan bencana.

"Kami percayakan untuk menyalurkan donasi dari Asosiasi Perminyakan Indonesia. Semoga bisa banyak membantu penanganan korban bencana di sana," ujarnya.

Donasi yang disalurkan melalui PMI hari ini bertambah jumlahnya dengan uluran bantuan dari PT. DELTA Jakarta sebesar Rp100 juta. Acara serah terima ini dihadiri oleh jajaran direksi keuangan dan marketing PT. DELTA Jakarta. Mereka berharap, bantuan yang disalurkan melalui PMI akan sangat membantu korban bencana.

Di penghujung acara, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga menerima bantuan dari Oesman Sapta, seorang pengusaha nasional yang cukup terkenal. Melalui perusahaannya, PT. OSO, Oesman menyalurkan donasi melalui PMI dengan jumlah terbesar hari ini, yaitu Rp1,5 miliar.

Penyerahan donasi diterima langsung dan serah terima oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dengan lima perusahaan berskala internasional, di Gedung Markas Pusat PMI, Selasa (14/12).

Bantuan yang diterima PMI mencapai jumlah total Rp2,5 miliar untuk disalurkan kepada para korban bencana Wasior, Mentawai, dan Merapi.

Pada acara serah terima donasi ini, PMI memutarkan film dokumenter penanganan PMI di tiga lokasi bencana, yaitu Wasior, Mentawai, dan Merapi. Film pendek berdurasi 12 menit ini merupakan salah satu bentuk pertangungjawaban PMI kepada publik dan para donatur.

Turut hadir dalam acara serah terima donasi ini, Kepala Markas PMI Pusat Rapiuddin beserta jajaran Pengurus Pusat PMI, Rahmat Gobel, Ulla Nuchrawaty, Ritolla Tasmaya, dan Muhammad Muas. (*)
(ANT-135/S006/R009) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010