Blitar (ANTARA News) - Tiga pendemo kehadiran Wakil Presiden (Wapres) Boediono di Blitar, Jawa Timur, ditahan petugas dari Kepolisian Resor Kota (Polresta) Blitar, setelah melakukan aksi di dekat SMAN I Blitar, Jalan A Yani.

Koordinator aksi, Ringgo Priyanggono, Sabtu mengemukakan ketiga rekannya yang sempat ditahan itu antara lain Djoko, Angga, dan Faisal.

"Mereka dimasukkan ke kantor polisi Sananwetan. Kami tidak tahu penyebabnya, tetapi yang jelas mereka langsung dibawa petugas," katanya mengungkapkan.

Ia mengaku, langsung berkoordinasi dengan petugas polisi. Pihaknya memastikan, agar rekannya segera dibebaskan.

Setelah negosiasi beberapa menit, akhirnya ketiga rekannya itu dibebabaskan. Mereka sempat diinterogasi selama 30 menit ke kantor polisi tersebut.

Ringgo sendiri mengaku sangat kecewa dengan sikap polisi yang langsung menahan rekannya. Tidak seharusnya, mereka melakukan hal itu.

"Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi, untuk itu kami melakukan aksi ini. Tetapi, mengapa teman saya sampai dibawa," katanya kecewa.

Sekitar 30 mahasiswa dari berbagai elemen melakukan unjuk rasa di depan kampus Universitas Balitar (Unisba) Jalan Imam Bonjol, Kota Blitar.

Mereka mengecam pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta Wakilnya, Budiono karena dinilai berpihak pada neoliberal. Selain itu, mereka juga menolak kedatangan Wapres Budiono di Blitar.

Selain orasi, mereka juga membawa berbagai macam selebaran yang isinya kecaman kinerja Presiden dan Wakilnya. Aksi itu sempat luput dari pengawasan polisi.

Namun, polisi yang mengetahui hal itu langsung datang ke lokasi kampus. Mereka menyita seluruh spanduk serta selebaran yang isinya kecaman itu.

Kepala Bagian Operasional Polresta Blitar Kompol Slamet Riyadi mengatakan hanya melakukan tugasnya untuk pengamanan. Pihaknya tidak ingin dianggap membatasi kebebasan menyampaikan pendapat.

"Kami hanya melakukan tugas. Aksi ini juga dilakukan tanpa izin," kata Slamet yang baru menjabat menjadi Kabag Ops Polresta Blitar ini.

Wapres Budiono dijadwalkan akan menghadiri acara reuni akbar di SMAN I Blitar yang berlangsung Sabtu - Minggu (18-19/12). Ia menggunakan jalur udara turun di Bandara Abdurrahman Saleh Malang dan menggunakan jalur darat ke Blitar. Ia direncanakan menginap d Hotel Tugu.

Di Blitar, Wapres yang juga ditemani istrinya, Herawati, juga Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, akan melakukan ziarah di makam orangtua, di TPU Swangsang, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada malam harinya, Wapres akan menghadiri acara reuni di SMAN I Blitar dan pada keesokan harinya mengikuti jalan pagi yang juga dimulai di SMAN I Blitar. Setelah itu, rombongan Wapres kembali ke Jakarta.
(T.ANT-073/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010