Trenggalek (ANTARA News) - Sebuah truk sarat penumpang buruh tebang tebu, Minggu, terguling di Desa Jambu, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, dan menyebabkan seorang tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Kecelakaan maut itu terjadi setelah sopir truk, Subagio (34), berusaha menghindari seorang pengendara sepeda motor yang terjatuh di tengah jalan akibat kecelakaan lalu-lintas.

"Kasus ini masih dalam penyelidikan polisi. Namun melihat runutan kronologi kejadian, kejadian ini sebenarnya murni kecelakaan," kata Kasubag Humas Polres Trenggalek, Iptu Siti Munawaroh.

Saat ini, seluruh korban luka masih menjalani perawatan intensif di RSUD dr Soedomo, Trenggalek. Sementara satu korban diketahui tewas bernama Suliono (24) pengendara sepeda motor Yamaha Vega nopol AG 6466 YI.

Keterangan beberapa saksi, peristiwa tragis bermula ketika pagi itu sebuah truk pengangkut rombongan tukang tebang tebu yang dikemudian Subagio (34) asal Desa Bolorejo Kecamatan Kauman Tulungagung menuju perkebunan tebu di Desa Jambu Kecamatan Tugu.

Sesampainya di jalan desa tersebut, dari arah berlawanan melaju dengan kecepatan tinggi motor Yamaha Vega AG 6466 YI yang dikendarai Suliono.

Diduga tergesa-gesa, Suliono berusaha menyalip motor Honda GL Max nopol AG 5379 YI yang dikendarai Suroto (26), warga Desa Prambon, Kecamatan Tugu.

Mungkin karena terlalu mepet stir kiri motor yang dikendarai Suliono menyenggol stir kanan motor Suroto. Akibatnya Suliono kehilangan keseimbangan. Sial, dari arah berlawanan saat itu melaju truk pengangkut belasan orang buruh tebang tebu.

Melihat motor oleng di depannya, pengemudi truk panik dan Subagio pun mencoba menghindari tabrakan dengan banting stir ke arah kiri.

Namun usaha tersebut justru berbuah fatal. Badan truk itupun terguling. Akibatnya seluruh penumpang yang ada di bak truk terpelanting dan terjatuh ke badan jalan.

Akibat kejadian tersebut seluruh buruh tebang tebu mengalami luka-luka hampir di seluruh tubuhnya.

Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke Polres Trenggalek. Tak lama berselang petugas unit Laka Lantas datang di lokasi kejadian.

Bergegas mereka mengevakuasi seluruh korban luka maupun tewas ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.  (ANT-130/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010