Sumenep (ANTARA News) - Ribuan warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memenuhi halaman kantor bupati setempat, Senin malam, guna menghadiri haul (peringatan wafat tahunan) almarhum mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Kami mengundang tiga ribu warga termasuk di dalamnya para kiai dan pengasuh pondok pesantren di Sumenep untuk menghadiri haul Gus Dur," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Haul Gus Dur di Sumenep, A. Zahrir Ridlo.

Warga Sumenep mulai berdatangan ke halaman kantor bupati setempat sejak pukul 19.00 WIB untuk mengikuti haul Gus Dur yang digagas oleh pemerintah daerah setempat.

"Ini kegiatan yang terbuka untuk umum, sehingga, warga Sumenep yang tidak diundang pun, dipersilakan menghadiri acara yang kami gagas," ujar Zahrir menambahkan.

Haul Gus Dur yang digelar Pemkab Sumenep tersebut dirangkai dengan Refleksi 1 Muharram 1432 Hijriah.

"Acara refleksi diisi dengan ceramah agama oleh Ustadz Ahmad Al Habsy dari Jakarta," katanya menuturkan.

Adik kandung almarhum Gus Dur, KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah), juga diundang. "Gus Sholah akan memberi kesempatan untuk memberikan sambutan di hadapan peserta haul Gus Dur," ucap Zahrir.

Pimpinan Polres Sumenep mengerahkan ratusan personelnya untuk mengamankan haul Gus Dur di halaman kantor bupati setempat.

Hingga pukul 20.00 WIB, haul Gus Dur di halaman Kantor Bupati Sumenep belum dimulai.(*)

(T.KR-DYT//E011/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010