Los Angeles (ANTARA News/AFP) - "Sugar" Shane Mosley, mantan juara dunia tiga kelas, mengatakan kepada Los Angeles Times Senin bahwa penasehatnya akan menemui promotor Manny Pacquiao Bob Arum untuk membahas pertarungan 7 Mei.

Beberapa jam setelah mengirim pesan Twitter mengenai pertarungan melawan Pacquiao yang dikatakan "tintanya belum kering namun itu sangat bisa dilangsungkan", kata Mosley sebelum diskusi untuk menetapkan dasar kesepakatan final dengan cepat, lapor surat kabar itu Senin.

"Kami telah mendiskusikan pertarungan itu sekitar tiga, empat minggu lalu, jadi sekarang kami akan membicarakannya lagi," kata Mosley kepada Times. "Kedua belah pihak hanya perlu komit pada apa yang telah dibahas dan kemudian saya pikir kami selesai."

Mosley mengatakan penasehatnya, James Prince, akan "membahas detail dan mungkin menandatangani" sebuah kesepakatan melawan Pacquaio, yang tiga hari lalu berusia 32 tahun.

Mosley, warga Amerika berusia 39 tahun, mempunyai rekor 46-6 dengan sekali seri dan 39 kali menang KO sementara bintang Filipina Pacquiao memiliki catatan 52-3 dengan dua kali seri dan 38 kali menang KO.

"Pac-Man" telah memenangi 13 pertarungan secara beruntun, petinju kidal itu belum pernah kalah selama hampir enam tahun dimana dalam kurun waktu itu dia telah "membunuh" bintang-bintang seperti Oscar de la Hoya, Ricky Hatton, Antonio Margarito, Miguel Cotto dan Juan Manuel Marquez.

Mosley, namun, pernah kalah dua kali dan berjuang untuk seri dalam lima pertarungan terakhirnya, kalah dari petinju Puerto Rico Cotto pada 2007 dan dari Floyd Mayweather Jnr yang belum terkalahkan Mei lalu sebelum ditahan seri oleh petinju Amerika Sergio Mora September silam.

Mayweather telah dua kali gagal menyepakati syarat pertarungan dengan Pacquiao untuk pertarungan akbar yang para penggemar inginkan dan Mayweather kini menghadapi tuntutan hukum terkait dua insiden di Las Vegas yang akan diajukan ke pengadilan awal tahun depan.

Mosley adalah nama AS terbesar lain diantara kemungkinan lawan Pacquiao, namun juga orang dengan hasil terlemah belakangan di daftar urutan yang memasukkan kemungkinan pertarungan ketiga dengan Marquez dan seorang petinju bintang AS, yang tak terkalahkan di kelas welter Andre Berto.

Satu detail yang perlu diselesaikan oleh Pacquiao, menurut Mosley, adalah berat pasti untuk pertarungan tersebut. Pacquiao bisa bertarung di kelas welter mendekati 147 pon atau mungkin mempertaruhkan mahkota kelas menengah junior World Boxing Councilnya.

Laporan bahwa pelatih Pacquiao Freddie Roach menginginkan Mosley mengikuti tes obat-obatan di tengah keterkaitan petinju Amerika itu dengan skandal storoid BALCO tahun 2003 tidak mempengaruhi Mosley, yang mengatakan dirinya akan mengikuti tes-tes lebih ketat, seperti yang dia lakukan sebelum bertarung dengan Mayweather, sepanjang Pacquiao juga diminta untuk melakukan hal yang sama. (ANT/K004/TERJ)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010