Surabaya (ANTARA News) - "Indonesian Battalion" (Indobatt) yang tergabung dalam Satgas Yonif Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/Unifil, menggelar pengobatan gratis di Desa Deir Syirien, Lebanon Selatan.

Staf Penerangan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil kepada ANTARA melalui surat elektronik, Rabu melaporkan, pengobatan gratis itu dilaksanakan pada Selasa (21/12) waktu setempat.

Pengobatan gratis itu merupakan kepedulian Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil kepada masyarakat Desa Deir Syirien, Lebanon Selatan dalam masalah kesehatan.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan di kantor staf Municipality Desa Deir Syirien itu merupakan hasil kerja sama Indobatt dengan Tim Kesehatan Batalyon Prancis.

Kerja sama itu dikoordinasikan oleh Kepala Seksi Cimic Satgas Konga XXIII-E/Unifil Mayor Arh. Sukma Yudha dengan dokter dari Tim Kesehatan Batalyon Prancis Kapten Henninot serta Staf Municipality di Desa Deir Syirien Haji Rasyid.

Bakti sosial itu dimulai pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat dengan melibatkan tim dokter dari Indobatt yang dipimpin oleh dokter Lettu Ckm Paulus yang dibantu empat anggota peleton Kesehatan Indobatt.

Dari Tim Kesehatan Batalyon Prancis, tim dipimpin oleh Kapten Henninot dengan dibantu oleh anggota Kompi Charlie Konga XXIII-E/Unifil di bawah pimpinan Lettu Marinir Arismoko.

Menurut dokter Paulus, pasien yang berobat rata-rata berusia lanjut dan sebagian besar mengalami sakit flu, sesak nafas, dan ada beberapa pasien yang mengalami sakit mata serta osteoporosis.

Sementara itu, Komandan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil Letkol Inf Hendy Antariksa mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen Satgas Konga XXIII-E untuk mendapatkan tempat di hati dan pikiran masyarakat Lebanon, terutama warga Desa Deir Syirien.

"Melalui penerimaan yang baik oleh masyarakat, maka terdapat suatu harapan yang positif untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan misi perdamaian yang dilakukan Satgas Konga XXIII-E/Unifil di Lebanon Selatan," katanya.
(E011/C004/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010